12 Aplikasi Edit Suara (Audio) di Video Jadi Lebih Merdu

Jika kamu adalah seorang audiophile, suka merekam berbagai suara dan menyimpannya di smartphone, atau mungkin individu yang tak pernah lepas dari musik saat melakukan berbagai aktivitas, maka mendownload aplikasi edit suara sepertinya akan sangat berguna.

Jika kamu termasuk salah satu dari tiga tipe di atas, maka saat ini kamu pasti memiliki banyak file audio yang besar kemungkinan bahwa semuanya tidak benar-benar sempurna. Mungkin suara audio di file kamu kurang halus, terlalu banyak noise, ada beberapa bagian yang tidak kamu suka dan ingin dihilangkan, dll.

Jika kamu ingin menggabungkan satu file audio dengan file audio lainnya, memotong bagian tertentu, memperhalus suaranya, atau melakukan berbagai pengeditan lain untuk membuat koleksi audio yang sempurna versi kamu, inilah 12 pilihan aplikasi edit audio terbaik yang bisa kamu coba di Android:

Daftar Aplikasi Edit Suara untuk Android

1. Audio Evolution Mobile Studio

Audio-Evolution-Mobile-Studio

Audio Evolution Mobile Studio dijamin tidak akan mengecewakan jika yang kamu cari adalah aplikasi edit audio tingkat lanjut.

Aplikasi buatan eXtream Software Development ini menawarkan pengeditan trek tanpa batas bersama dengan sejumlah fitur keren lain seperti mikrofon internal, loop playback, equalizer, MIDI recording, mixer automation, drum pattern, dan multi-track.

Terdapat juga daftar instrumen virtual yang sudah disediakan aplikasi yang bisa kamu masukkan ke file audio asli kamu dan menambahkan efek khusus seperti kompresor, noise gate, chorus, reverb, EQ, pitch shifter, atau lainnya agar hasil akhir audio menjadi lebih sempurna.

Dalam hal desain antarmuka, aplikasi edit suara ini memang tampak rumit di awal serta tidak begitu user friendly, tapi jangan khawatir, karena sudah tersedia tutorial video lengkap di dalam aplikasi yang akan membimbing kamu untuk menggunakan masing-masing fitur yang ada di dalamnya.

Ada banyak format yang bisa kamu impor termasuk MP3, WAV, FLAC, AIFF, OGG, dan MIDI, dan terdapat juga fitur koreksi latensi untuk sinkronisasi trek.

Kamu bisa menemukan aplikasi ini di Google Play Store dalam dua versi, yaitu versi percobaan gratis dengan nama Audio Evolution Mobile Studio TRIAL, dan versi lebih lengkap seharga $6,99 dengan nama Audio Evolution Mobile Studio.

2. WavePad Master’s Edition

WavePad-Masters-Edition

Secara tampilan, aplikasi edit suara yang satu ini memang tidak didesain dengan User Interface yang kece, tapi ada banyak fitur berguna yang dimilikinya yang akan membantu kamu menghasilkan audio berkualitas seperti:

  • Fitur pengeditan dasar seperti saling, potong, tempel, dan sisipkan.
  • Terdapat koleksi efek audio seperti efek gema, normal, suara lebih kuat, dan sebagainya.
  • Dilengkapi fitur pengeditan otomatis jika tak ingin repot menggunakan berbagai tools secara manual.
  • Fitur mikrofon bisa kamu gunakan untuk merekam suara secara langsung dan mengeditnya, bisa juga menambahkan file audio yang sudah direkam sebelumnya dan tersimpan di perangkat.
  • Kamu bisa memasukkan dan mengedit berbagai format file termasuk AIFF dan WAV.
  • Fitur “Share” bisa kamu gunakan untuk membagikan file yang sudah diedit ke teman-teman kamu atau posting ke media sosial. Terdapat juga menu save jika ingin menyimpan file ke perangkat.
  • Selain memiliki fungsi dasar equalizer, aplikasi buatan NCH Software ini juga memiliki koleksi efek seperti compress, normalize, dan amplify.
  • Tak masalah jika hasil audio yang kamu rekam kurang begitu jernih, karena aplikasi ini juga menawarkan fitur peredam bising yang bisa kamu setting agar aktif otomatis setiap kali kamu melakukan perekaman langsung dengan mikrofon internal aplikasi.
  • Dengan WavePad Master’s Edition kamu juga dapat membuat satu file audio baru dengan menggabungkan beberapa file audio yang sebelumnya sudah diedit atau mungkin juga masih mentah.

Sayangnya, tidak semua fitur di atas dapat kamu nikmati secara gratis. Beberapa fitur masih dalam keadaan terkunci dan hanya bisa kamu gunakan setelah membelinya, atau bisa juga langsung upgrade akun ke versi Master agar seluruh fitur terbuka otomatis.

3. FL Studio Mobile

FL-Studio-Mobile

FL Studio Mobile adalah salah aplikasi edit suara yang harus ada di smartphone Android kamu jika kamu mencari fitur-fitur yang berkualitas tinggi.

Dibuat dan dikembangkan oleh Image-Line, aplikasi ini dilengkapi dengan sampler, synthesizer, drum kit, dan sliced-loop beats yang akan membantu kamu untuk menghasilkan audio dengan hasil akhir mempesona.

Pihak developer membekali FL Studio Mobile dengan berbagai efek keren seperti distorsi, audio ducker, delay, equalizer, serta beberapa contoh preset yang dijamin bermanfaat.

Aplikasi ini juga memiliki MIDI controller yang bisa kamu gunakan untuk memainkan instrumen virtual yang bisa dikonfigurasi. Ada juga piano-keyboard dan drumpads virtual untuk efek musik yang indah.

File audio yang sudah selesai diedit bisa kamu ekspor dalam beberapa pilihan format termasuk MP3, AAC, WAV, dan WAC, atau langsung bagikan ke teman-teman media sosial kamu dengan klik fitur “Share”.

Kamu bisa nikmati versi dasar aplikasi ini secara gratis atau beli beberapa fitur premium yang dibutuhkan dengan harga mulai dari Rp 8.000 – Rp 199.000 per item. Jika ingin langsung bisa mengakses semua fitur premium, kamu juga bisa memilih akun berbayar seharga Rp 228.000.

4. Recording Studio

Recording-Studio

Aplikasi ini tersedia dalam dua versi yaitu Recording Studio Lite yang gratis diakses, dan Recording Studio Pro seharga Rp 56.999.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Glauco ini bisa kamu gunakan untuk mengedit, merekam dengan mikrofon internal, dan mencampur beberapa file audio untuk menciptakan file audio baru yang lebih keren.

Kamu juga bisa menambahkan hingga 24 trek audio yang kamu rekam sendiri atau dari trek instrumen virtual yang sudah disediakan di dalam aplikasi.

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah tersedia mode offline. Jadi kamu tetap bisa mencampur file audio WAV atau MP3 yang sudah tersimpan di perangkat saat perangkat sedang tidak konek ke jaringan internet.

Tak hanya berguna untuk rekaman suara biasa, kamu juga bisa menggunakan Recording Studio untuk membuat musik yang terdengar indah karena ada fitur yang dapat mengedit setiap nada. Terdapat metronom virtual dan juga fitur pengubah tempo yang dapat dikonfigurasi dari 30 hingga 260 BPM.

Kekurangan aplikasi ini adalah versi Lite hanya bisa digunakan untuk mengimpor 2 lagu, jadi jika fitur-fitur yang kamu butuhkan ada di dalam aplikasi ini, kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan Recording Studio versi Pro.

5. Voice PRO

Voice-PRO

Voice PRO adalah aplikasi edit suara berkualitas dengan banyak fitur menarik yang dibuat oleh Lakeba Corporation Apps. Aplikasi ini dapat membersihkan kebisingan latar belakang atau suara lain apapun yang tidak dibutuhkan sehingga kamu akan mendapatkan rekaman audio yang lebih berkualitas.

Salah satu kelebihan Voice PRO adalah mendukung lebih dari 100 jenis format audio. Sejumlah hal yang bisa kamu lakukan dengan Voice PRO termasuk:

  • Pilih file audio dari penyimpanan lokal atau langsung rekam dengan mikrofon internal.
  • Edit satu file atau gabungkan dua file dengan format yang berbeda.
  • Mainkan sejumlah tools dasar seperti adjust, cut, hapus disturbances, samarkan noise, dan sisipkan suara latar belakang.
  • Ubah tempo, atur volume, tambahkan efek audio dalam berbagai format yang kamu inginkan.
  • Bagikan file yang sudah diedit ke media sosial seperti Twitter, Facebook, dan VoicePro Cloud, atau kirim ke perangkat lain lewat Bluetooth.
  • Ubah properti rekaman suara dengan time, gain, atau reverb, dan render file ke format yang dibutuhkan.
  • Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai berbagai plug-in yang bisa kamu gunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi file atau mencadangkan dan memulihkannya dari penyimpanan cloud.

Kamu bisa coba sendiri aplikasi ini secara gratis untuk versi dasarnya, atau nikmati berbagai fitur premium dengan pembelian seharga Rp 30.000 – Rp 636.220 per item.

6. Caustic 3

Caustic-3

Aplikasi edit suara ini cukup populer di kalangan penikmat musik karena menawarkan sejumlah fitur yang bermanfaat untuk membuat musik yang indah.

Dikembangkan oleh Single Cell Software, aplikasi ini menghadirkan 12 pilihan machine yang terdiri dari BeatBox, Subsynth, Vocoder, PadSynth, 8BitSynth, FMSynth, BassLine, PCMSynth, Organ, Modular, SawSynth, dan KSSynth.

Agar musik yang dihasilkan lebih menarik, kamu bahkan dapat menambahkan lebih dari satu efek per machine. Total efeknya sendiri ada sekitar 20 jenis. Jangan khawatir tidak bisa menggunakan Caustic 3 karena ada menu tutorial dalam bentuk video yang mudah dipahami.

Kelebihan lainnya adalah aplikasi akan secara otomatis menyimpan hasil editan sehingga jika proses edit belum selesai tapi koneksi internet terputus, kamu tidak akan kehilangan file yang sudah setengah diedit.

7. Lexis Audio Editor

Lexis-Audio-Editor

Aplikasi bernama Lexis Audio Editor ini ditawarkan secara gratis tapi dengan opsi pembelian di dalam aplikasi seharga Rp 93.000 per item.

Kamu bisa menggunakan Lexis untuk mengedit dan menyimpan file suara dengan format AAC, WAV, FLAC, M4A, atau WMA. Sedangkan untuk format MP3 hanya bisa diakses untuk akun versi berbayar.

Dengan Lexis, kamu bisa mengubah kecepatan, tempo, dan juga nada dari suara yang kamu rekam. Kamu juga dapat memotong bagian tertentu untuk diletakkan di bagian lain, sisipkan efek hening, tambahkan fade out atau fade in, hapus bagian yang tidak diinginkan, atau sisipkan suara lain dari file audio lain.

Terdapat juga fitur lanjutan seperti pengurang kebisingan, equalizer, kompresor, serta opsi render hingga 16-bit PCM WAV dan 320 kbps MP3.

Salah satu catatan penting jika kamu tertarik menggunakan Lexis adalah harus ada ruang kosong di perangkat kamu setidaknya 500MB agar kamu bisa mengedit file suara stereo 10 menit 48K.

8. AudioDroid

AudioDroid

AudioDroid adalah aplikasi edit suara profesional yang isinya mencakup seperangkat tools editing canggih, koleksi musik, mixer, dan juga perekam suara. AudioDroid bisa kamu nikmati secara gratis untuk akun versi basic, dan tersedia akun berbayar seharga Rp 45.000 saja.

Kamu bisa menggunakan AudioDroid untuk mengedit dan mencampur beberapa file suara dengan format yang sama atau pun berbeda. Format yang didukung termasuk MP4, MP3, AAC, WAV, AMR, dan OGG.

Jika kamu suka menciptakan suara, kamu akan menyukai AudioDroid karena kamu bisa mengedit suara tertentu untuk membuatnya menjadi alarm, nada dering, atau nada notifikasi yang indah sesuai dengan preferensi kamu.

Bukan itu saja, kamu juga bisa menghapus vokal dalam lagu sehingga hanya tersisa musiknya saja dengan mengklik efek bernama “Karaoke”. Kelebihan lainnya adalah kamu bisa lakukan pengeditan saat Android kamu sedang tidak konek ke internet.

Kamu bisa mengubah tempo, reverb, atau gunakan equalizer 3-band. AudioDroid juga menawarkan beberapa preset standar seperti hall reverb, bass, dan concert hall reverb untuk menambahkan dua atau lebih efek suara hanya dengan satu klik.

9. Ringtone Maker

Ringtone-Maker

Ingin membuat nada dering indah versi kamu? Maka Ringtone Maker adalah solusinya. Aplikasi berteknologi tinggi ini dibuat dan dikembangkan oleh Big Bang Inc. dan tersedia dalam dua versi yaitu free dan pro.

Ringtone Maker memiliki seperangkat fitur terbaru yang cukup untuk menciptakan suara indah sebagai nada dering smartphone kamu. Fitur dasarnya termasuk fade in dan fade out, salin dan tempel, dan penyesuaian volume.

Tersedia juga daftar nada dering dan musik di dalam aplikasi. Sedangkan format yang didukung termasuk 3GPP/AMR, FLAC, MP3, WAV, AAC (M4A), dan OGG. Nada dering yang sudah kamu ciptakan bahkan bisa langsung diterapkan ke kontak tertentu yang ada di phone book kamu.

Satu-satunya kekurangan dari Ringtone Maker adalah muncul sejumlah iklan, yang bisa juga kamu hapus permanen hanya dengan membayar sekitar Rp 14.999.

10. MP3 Cutter and Ringtone Maker

MP3-Cutter-and-Ringtone-Maker

Ingin aplikasi edit suara yang benar-benar gratis? Maka kamu bisa memilih MP3 Cutter and Ringtone Maker yang dikembangkan oleh Atomic Infoapps dan tersedia di Play Store dengan ukuran cukup kecil. Meskipun gratis, namun aplikasi ini mendapat cukup banyak review positif dengan total rating 4 bintang.

Mirip dengan aplikasi sebelumnya, MP3 Cutter and Ringtone Maker bisa kamu gunakan untuk mengedit atau menciptakan nada alarm, nada dering, dan nada notifikasi baru.

Kamu bisa dengan mudah mengatur waktu start dan end dari file audio kamu dengan mudah secara manual agar kamu mendapat pengaturan waktu yang paling tepat sesuai keinginan.

11. Best Voice Changer

Best-Voice-Changer

Tiga kelebihan utama yang membuat aplikasi ini banyak direkomendasikan adalah mudah digunakan, gratis, dan ringan. Kamu bisa menginstalnya jika memiliki Android minimal versi 4.4.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk merekam suara menggunakan fitur mikrofon, atau impor file suara yang sudah kamu simpan di perangkat untuk selanjutnya ditambahkan beberapa efek berbeda agar hasil akhirnya lebih sempurna.

Bagian paling menarik dari aplikasi ini adalah kamu dapat merekam suara kamu dan langsung mengubahnya menjadi suara hantu, robot, alien, dan lainnya, lalu bisa langsung kamu bagikan ke media sosial.

12. Music Maker JAM

Music-Maker-JAM

Dibuat oleh perusahaan bernama Loudly, aplikasi Music Maker JAM dapat kamu gunakan untuk mengedit atau membuat musik baru sesuai dengan selera kamu hanya dengan smartphone. Jadi tidak perlu perangkat besar seperti laptop atau PC.

Aplikasi ini hadir dengan sederet trek modern dan keren di berbagai genre termasuk rock, EDM, rege, jazz, hip hop, pop, DnB, dan banyak lagi. Terdapat juta ribuan musik berkualitas yang sudah terdaftar yang bisa kamu jadikan sebagai musik dasar untuk membuat musik favorit kamu.

Kamu juga bisa dengan mudah mengubah harmoni dan tempo, tambahkan efek real-time, sisipkan potongan lagu, terapkan delay, shutter, reverb, dan banyak lagi.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan aplikasi edit suara, mulai dari memotong atau menghilangkan bagian tertentu dari file audio yang sudah kamu rekam, membuat nada dering baru, atau mencampur beberapa file dan menambahkan efek yang indah.

 

Lihat Juga :

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :