3 Pengaruh Letak Geografis Indonesia Terhadap Kehidupan Budaya Masyarakat – SD Kelas 5

3 Pengaruh Letak Geografis Indonesia Terhadap Kehidupan Budaya Masyarakat – Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang 3 Pengaruh Letak Geografis Indonesia Terhadap Kehidupan Budaya Masyarakat. Dengan adanya pelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian bisa mengaplikasikan artikel ini sebagai sebuah petunjuk untuk belajar. Nah langsung saja untuk sahabat teman kelas 5 SD segera kita belajar bersama dibawah ini :

Bagaimana pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan budaya masyarakat, pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 114 115 116 119 121 tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem di buku tematik siswa sekolah dasar.

pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan budaya masyarakat

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Apa Sajakah Pengaruh Letak Geografis Indonesia Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 115

Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat

Secara geografis, Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua. Di sebelah barat laut, Indonesia berbatasan dengan Benua Asia. Di sebelah tenggara, Indonesia berbatasan dengan Benua Australia. Di sebelah barat daya, wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur laut berbatasan dengan Samudra Pasifik. Batas-batas geografis ini memberi sejumlah pengaruh bagi Indonesia sebagai sebuah negara dengan kebudayaan yang beragam. Perhatikanlah gambar di bawah ini.

Letak yang sangat strategis ini memberikan pengaruh sosial budaya yang besar terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terbuka untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan bangsa lain yang ada di sekitarnya. Bangsa Indonesia menyadari pentingnya bekerja sama, saling membantu dan peduli terhadap kehidupan masyarakat negara sekitarnya. Bangsa Indonesia juga menyadari bahwa negara-negara yang berada di sekitarnya akan menjadi kekuatan tersendiri yang dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan bangsa Indonesia sebagai sebuah negara.

Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan laut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kondisi tersebut melahirkan keanekaragaman bahasa, suku, agama, dan kebudayaan daerah. Kebudayaan daerah merupakan kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di daerah-daerah di seluruh wilayah Indonesia dan mempunyai ciri khas daerah tersebut. Kebudayaan daerah merupakan akar dari kebudayaan nasional. Keragaman tersebut menjadi kekhasan dan daya tarik tersendiri bagi pihak-pihak luar serta memperkaya kebudayaan nasional. Berbagai bentuk budaya seperti kesenian daerah, pakaian tradisional, rumah adat, dan makanan khas menjadi bukti adanya keragaman budaya Indonesia. Keanekaragaman ini menjadi keunikan yang mengundang bangsa lain untuk berkunjung dan mempelajari budaya Indonesia.

Berdasarkan bacaan tersebut atau sumber informasi lainnya, jawablah pertanyaan berikut ini.

3. Bagaimana pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan budaya masyarakat?

Jawaban : Pengaruhnya yaitu melahirkan keanekaragaman bahasa, suku, agama, dan kebudayaan daerah.

1. Bagaimana bangsa Indonesia memandang keberadaan negara-negara lain di sekitar?
2. Apa sajakah pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial masyarakat?
4. Apakah yang dimaksud dengan kebudayaan daerah?
5. Tuliskan beberapa bentuk budaya daerah Indonesia!
6. Tuliskan beberapa bentuk budaya daerahmu!

Jawaban, buka disini: Apakah yang Dimaksud dengan Kebudayaan Daerah

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 5 kelas 5 SD halaman 115 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

Ikuti berita Ramal.id hari ini, terbaru dan terkini. Anda bisa bergabung mengikuti Ramal.id di Google News pada tautan ini.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :