4 Kabar Terkini Soal Pencarian Anak Ridwan Kamil di Aare Swiss

Bandung – Putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khanz Mumtadz belum ditemukan setelah hilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss, Kamis (26/5/2022). Dia berenang bersama saudara perempuannya Camillia Laetitia Azzahra dan temannya.
Proses pencarian pada hari ketiga ini, Sabtu (28/5/2022) masih terus dilakukan. KBRI Bern dan keluarga juga menyampaikan kabar terbaru terkait pencarian Eril, panggilan akrab Emmeril.

Konferensi pers tersebut digelar secara online dan offline di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu sore. Berikut berita terbaru terkait pencarian Eril:

1. Pencarian Dengan Metode Penyelaman

Pencarian Eril yang terseret arus saat berenang di Sungai Aare, Swiss kini dilakukan menggunakan metode penyelaman.

Langkah itu disampaikan Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad. Upaya baru itu dilakukan pada hari ketiga pencarian, Sabtu (28/5).

Sebelumnya, tim SAR setempat menggunakan drone yang dilengkapi pendeteksi suhu tubuh (thermal drone), perahu, dan kendaraan darat untuk menyisir tepian Sungai Aare.

“Penyelaman disesuaikan dengan situasi, karena kalau airnya keruh bekas hujan atau salju yang meleleh maka dapat menyulitkan penyelaman,” kata Muliaman.

2. Kendala Situasional

Muliaman juga mengungkapkan kendala yang dihadapi kepolisian di Swiss dalam pencarian Eril. Kendala yang dihadapi dalam pencarian kata dia bersifat situasional.

“Kendala sangat situasional karena ditentukan situasi,” ucap Muliaman.

Muliaman menambahkan tidak ada kendala yang luar biasa dalam proses pencarian. Menurutnya, hal ini bergantung pada situasi alam di kawasan sungai Aare, Swiss.

“kendala alam ini menjadi ciri khas kendala petugas SAR tentu tidak ada spesifik di luar itu,” katanya.

3. Jadi Prioritas Kepolisian Swiss

Muliaman menuturkan proses pencarian Eril saat ini menjadi prioritas Otoritas kepolisian setempat. Pencarian dilakukan dengan beragam metode.

“Metode pencarian lebih instensif yaitu dengan perahu atau boat search. Juga dengan drone untuk menyisir tepian sungai Aare dan melakukan penyelaman,” tutur dia.

4. Tak Ada Batas Waktu Pencarian

KBRI Swiss menyatakan tak ada batas waktu maksimum pencarian orang hilang termasuk pencarian terhadap Eril.

“Sebetulnya tidak ada batas waktu maksimum kapan pencarian akan dihentikan,” ucap Muliaman.

Muliaman menuturkan pihaknya bersama Ridwan Kamil sudah bertemu dengan tim SAR. Pihak kepolisian menegaskan proses pencarian menjadi tugas mereka.

“Ketika kemarin bertemu tim SAR, mereka jawabannya dari Polisi Sungai menjadi tugas memantau keamanan Sungai. Mereka tidak mengatakan dalam berapa hari tidak ditemukan akan dihentikan. Pencarian akan berlangsung setiap hari karena menjadi tugas mereka,” ujarnya.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :