5 Fakta Baru Perang, Ukraina Mulai Serang Wilayah Rusia

Perang Rusia-Ukraina hampir memasuki bulan ketiga. Hingga kini, perang masih berlangsung sengit antara kedua belah pihak meski Rusia sudah mulai berhasil menguasai bagian timur Ukraina, khususnya kota Mariupol.
Berikut perkembangan terbaru mengutip CNN International, Kamis (19/5/2022):

1. Kemenhan Rusia: Hampir 2 Ribu Tentara Ukraina Menyerah

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan Kamis bahwa 771 tentara Ukraina telah menyerah di pabrik baja Azovstal di Mariupol dalam 24 jam terakhir. Hal ini membuat total tentara Kyiv yang menyerah di wilayah itu menjadi 1.730 sejak Senin.

2. Dunia Minta Ekspor Pangan dari Ukraina Kembali Dibuka

Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia mengatakan pelabuhan dan akses pengiriman bahan pangan dari Ukraina harus dibuka kembali. Pasalnya negara itu merupakan salah satu produsen beberapa biji-bijian terbesar dunia.

“Kegagalan untuk membuka pelabuhan tertutup di Ukraina untuk mengirimkan biji-bijian akan membawa jutaan orang ke jurang kelaparan,” ujar WFP.

3. Jerman Usulkan Dana Solidaritas UE ke Ukraina

Kanselir Jerman Olaf Scholz meminta Uni Eropa (UE) untuk memulai persiapan untuk membangun kembali Ukraina pasca perang. Bahkan, lembaga antar negara itu perlu menyiapkan dana hingga miliaran euro.

4. Biden Temui Pemimpin Swedia-Finlandia terkait NATO

Presiden AS Joe Biden dijadwalkan bertemu dengan para pemimpin Finlandia dan Swedia pada hari Kamis. Hal ini untuk menegaskan dukungan Washington kepada kedua negara yang mengajukan diri menjadi anggota pakta pertahanan NATO.

Helsinki dan Stockholm sendiri selama beberapa tahun terakhir menolak untuk bergabung dalam pakta itu. Namun setelah serangan Rusia ke Ukraina, keduanya beranggapan bahwa perkembangan militer Moskow merupakan sebuah ancaman yang dapat dirasakan kedua negara.

5. Ukraina Mulai Serang Rusia

Meski menguasai Mariupol, militer Moskow masih terus melancarkan serangannya di beberapa titik Timur Ukraina. Terbaru, militer Ukraina melaporkan bahwa pasukan Rusia mencoba menerobos ke wilayah Sloviansk di dekat Donetsk dengan serangan artileri dan rudal. Namun langkah itu belum membuahkan hasil.

Selain Sloviansk, Kota Bakhmut di wilayah Donetsk, yang pusat penting bagi militer Ukraina, juga mendapat serangan yang meningkat dari rudal dan artileri Rusia. Serangan itu disebut telah merusak infrastruktur sipil.

Sementara itu, tak hanya di Ukraina, wilayah Rusia juga mengalami serangan. Pada Kamis, Ukraina meluncurkan serangan di wilayah barat Rusia Kursk saat fajar. Dalam serangan itu, satu warga sipil tewas dan beberapa luka-luka.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :