5 Inspirasi Menu Buka Puasa Serba Sayuran Sehat Tanpa Minyak

Jakarta Buka puasa dengan sajian sayur tak hanya enak tapi juga menyehatkan. Beragam menu sayur bisa membuat Anda lebih lega saat berbuka puasa, apalagi setelah menahan lapar dan haus seharian. Ada beragam masakan sayur yang bisa dijadikan inspirasi menu buka puasa sehari-hari.

Kali ini beberapa inspirasi menu sayur untuk buka puasa yang sehat. Karena dimasak tanpa minyak, tingkat kesehatan hidangan ini akan berlipat ganda. Apa saja menu sayur yang cocok sebagai menu buka puasa dan begitu menyehatkan? Simak berikut ini.

Trancam

Menu masakan sayur yang pertama ada trancam. Trancam merupakan masakan yang terbuat dari sayuran mentah seperti halnya kacang panjang, kubis, biji lamtoro, daun beluntas, timun dan daun kemangi. Semua sayuran dicincang halus atau diiris kecil-kecil kemudian dicampur bersama bumbu trancam yakni kelapa muda parut dengan bumbu cabai, bawang putih dan garam serta rempah kencur. Meski cukup sederhana, trancam memiliki cita rasa beragam yang menggugah selera.

Urap-Urap

Menu sayuran selanjutnya yang cocok jadi menu buka puasa adalah urap-urap. Sayur urap adalah sayuran yang dimasak dengan cara direbus kemudian dicampur bersama bumbu kelapa parut yang telah diberi cabai, bawang putih, bawang merah, garam dan rempah kencur. Urap-urap sangat cocok dijadikan lauk bersama ikan bakar, ayam bakar hingga sambal ikan tongkol.

Sayur Bening

Sayur bening juga cocok sebagai menu buka puasa. Sayur bening bisa dibuat dari berbagai macam sayur mulai dari bayam, sawi, sayur sop, kangkung, oyong bahkan kacang panjang. Rasa gurih dan segar sayur bening cocok disajikan bersama ikan goreng dan sambal.

Sayur Bobor

Masakan sayur selanjutnya yang cocok jadi menu buka puasa adalah sayur bobor. Sayur bobor memiliki cita rasa gurih santan yang khas dan segar sayuran yang menyehatkan. Umumnya, sayuran yang dimasak bobor adalah bayam, kacang panjang, sawi dan daun kacang panjang.

Pecel

Sayur pecel juga cocok jadi inspirasi menu buka puasa. Sayur pecel yang enak dan segar akan membantu kamu melepas dahaga serta lapar setelah seharian berpuasa.

Itulah beberapa menu sayuran yang cocok dijadikan menu buka puasa. Dari beberapa menu sayuran yang ada, mana yang menjadi favoritmu?

Selamat menyambut datangnya Ramadan dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.

 

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :