7 Usaha-usaha Pemimpin Bangsa dalam Membina Persatuan dan Kesatuan Sehingga Tercipta Kerukunan Hidup Bermasyarakat dan Berbangsa – SD Kelas 5

7 Usaha-usaha Pemimpin Bangsa dalam Membina Persatuan dan Kesatuan Sehingga Tercipta Kerukunan Hidup Bermasyarakat dan Berbangsa – Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang 7 Usaha-usaha Pemimpin Bangsa dalam Membina Persatuan dan Kesatuan Sehingga Tercipta Kerukunan Hidup Bermasyarakat dan Berbangsa. Dengan adanya pelajaran ini, besar keinginan Ramal.id bahwa kalian dapat mengaplikasikan artikel ini sebagai sebuah tanda untuk belajar. Nah seketika saja untuk sahabat sahabat kelas 5 SD segera kita belajar bersama dibawah ini :

Sebutkan usaha-usaha yang dilakukan pemimpin bangsa dalam membina persatuan dan kesatuan sehingga tercipta kerukunan hidup bermasyarakat dan berbangsa, pembahasan kunci jawaban tema 9 Kelas 5 halaman 152 153 154 158 160 tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya di buku tematik siswa sekolah dasar.

Sebutkan usaha-usaha yang dilakukan pemimpin bangsa dalam membina persatuan dan kesatuan

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal carilah iklan dari media elektronik berisi anjuran untuk menjaga persatuan dan kesatuan di buku tematik.

Ayo Bermain Peran
Kesombongan Membawa Petaka

Sekolah sedang mengadakan kegiatan jelajah alam yang diikuti oleh peserta didik kelas 5 dan 6. Mereka terbagi ke dalam kelompok-kelompok kecil. Dalam kegiatan jelajah alam tersebut, tim yang paling giat dan bisa menyelesaikan tugas dengan baik, akan mendapatkan penghargaan.

Siti, Leni, Udin, Beni, dan Dayu berada pada satu kelompok. Beni adalah anak yang pintar, namun kurang bisa bekerja sama dengan temannya karena sikapnya yang sombong. Dayu sebagai pemimpin regu merasa kesulitan mengatur anggota regunya. Acara jelajah alam pun dimulai, mereka segera memasuki hutan untuk mencari jejak.

”Kalau cuma begini sih kecil, aku tahu betul kondisi hutan ini. Pasti kelompok kita yang menang nantinya,” kata Beni dengan sombong.

“Kita tidak boleh sombong Beni, yang terpenting kita harus selalu bersama dan tidak boleh terpisah,” kata Dayu.

Tiba-tiba Lani berkata, ”Lihat… ada persimpangan di depan. Kita harus memilih jalan yang mana ya?”

“Sepertinya ada sandi yang harus kita pecahkan, untuk bisa tahu jalan mana yang harus kita pilih,” kata Siti.

“Biar aku saja yang mengerjakan sandi itu, kalian tunggu di sini saja,” kata Beni.

“Kita kerjakan bersama-sama saja, kan kita satu kelompok,” kata Dayu.
“Nanti malah kelamaan. Sudah, biar aku saja yang mengerjakan. Kalau cuma sandi begituan, sih, gampang. Kalian nurut saja, biar kelompok kita sampai paling cepat dan dapat juara,” kata Beni. (Baca secara lengkap di buku tematik)

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 158

Ayo Berlatih

Setelah kalian membaca cerita “Kesombongan Membawa Bencana”, sikap seperti Beni sudah selayaknya tidak kita tiru. Sikap sombong seperti yang dilakukan oleh Beni dapat menjadi penyebab pecahnya persatuan dan kesatuan. Para pemimpin bangsa kita terdahulu pun sangat menjaga agar rasa persatuan dan kesatuan tidak terpecah.

Sekarang, coba kalian sebutkan usaha-usaha yang dilakukan pemimpin bangsa dalam membina persatuan dan kesatuan sehingga tercipta kerukunan hidup bermasyarakat dan berbangsa. Tulislah ceritamu pada buku tugas, lalu kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

Jawaban : Berikut usaha-usaha yang dilakukan pemimpin bangsa dalam membina kerukunan hidup bermasyarakat dan berbangsa diantaranya:

– Mengadakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
– Mengadakan festival budaya.
– Mewajibkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di setiap acara resmi dimanapun berada.
– Menjalankan pemerintahan secara adil dan terbuka.
– Mengadakan peringatan hari-hari besar nasional dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.
– Menciptakan kebebasan masyarakat untuk memeluk agama dan melakukan ibadah sesuai agamanya masing-masing.
– Membina sikap saling menghormati dan menghargai antar pemeluk agama.

Ayo Berdiskusi
Lakukan diskusi bersama dengan teman-temanmu satu kelas dan Bapak atau Ibu Guru. Tema diskusi adalah Tema tentang cara-cara menghargai kegiatan orang lain dalam usaha. Tentukanlah siapa yang menjadi pembicara, notulen, dan moderator. Diskusilah dengan menggunakan kalimat bahasa Indonesia yang baik serta benar, dan mengungkapkan pendapat serta pertanyaan dengan baik, sopan dan santun.

Berikut hal-hal yang perlu didiskusikan.
1. Daerah tempat tinggal
2. Jenis pekerjaan/usaha yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia terkait dengan tiga kegiatan ekonomi
3. Cara kita menghargai pelaku kegiatan ekonomi tersebut.
Buatlah kesimpulan hasil dari diskusi. Kemudian kumpulkan kepada Bapak atau Ibu Guru.

Jawaban, buka disini: Jenis Pekerjaan atau Usaha yang Dilakukan Oleh Masyarakat Indonesia

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 9 kelas 5 SD Halaman 158 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 4 subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 152 153 154 158 160 Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran 4

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :