8 Contoh Hasil Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui Pertanian, Perkebunan, Hutan, Peternakan dan Hasil Perikanan

8 Contoh Hasil Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui Pertanian, Perkebunan, Hutan, Peternakan dan Hasil Perikanan – Pada kesempatan ini kami akan membahas seputar 8 Contoh Hasil Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui Pertanian, Perkebunan, Hutan, Peternakan dan Hasil Perikanan. Dengan adanya pembelajaran ini, besar keinginan Ramal.id bahwa kalian dapat memakai tulisan ini sebagai sebuah pedoman untuk belajar. Nah lantas saja untuk teman teman kelas 4 SD seketika kita belajar bersama dibawah ini :

Berilah contoh hasil sumber daya alam yang dapat diperbarui Contohnya hasil pertanian, perkebunan, perikanan, hasil hutan dan hasil peternakan yang ada di daerah tempat tinggalmu, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 48 50 51 52 53 54 55 56 57 tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2016.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Contoh Pemanfaatan Perubahan Energi dalam Kehidupan Sehari-hari. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Contoh hasil sumber daya alam yang dapat diperbarui Contohnya hasil pertanian, perkebunan, hasil hutan, hasil peternakan dan hasil perikanan

Ayo Membaca
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang dikaruniai sumber daya alam yang sangat banyak dan beragam. Sumber daya alam Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah memiliki kekhasan sumber daya alamnya masing-masing.

Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua: sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Seperti telah dijelaskan pada pembelajaran sebelumnya, sumber daya alam yang dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali meskipun kita telah menggunakannya. Sumber daya alam ini tidak akan habis jika kita dapat mengelolanya dengan baik. Hasil pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan merupakan contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Adapun sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang tidak dapat dihasilkan lagi setelah kita menggunakannya.

Sumber daya ini memiliki jumlah terbatas. Minyak bumi, batu bara, gas, dan barang-barang tambang lainnya merupakan contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, kita harus mengelolanya dengan baik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 52 Sampai 53

Ayo Berlatih

1. Berilah contoh hasil sumber daya alam yang dapat diperbarui. Contohnya hasil pertanian, perkebunan, perikanan, hasil hutan dan hasil peternakan yang ada di daerah tempat tinggalmu (kota, kabupaten, atau provinsimu). Tuliskan pada tabel berikut.

Jawaban :

Hasil Pertanian Hasil Perkebunan Hasil Hutan Hasil Peternakan Hasil Perikanan
Padi Kelapa sawit Getah damar Sapi Ikan
Jagung Teh Resin Gaharu Kambing Udang
Kacang Kedelai Karet Cendana Kerbau Mutiara
Kubis Cengkeh Kayu manis Domba Lobster
Cabai Kakao Kemiri Ayam Teripang
Bawang merah Kina Sagu Bebek Kerang
Bawang putih Nilam Rotan Puyuh Kepiting
Ketela pohon Vanilli Kayu Kelinci Cumi-cumi

2. Agar menambah pemahamanmu tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, buatlah daftar yang memuat contoh barang tambang yang dihasilkan di daerah tempat tinggalmu (kota, kabupaten, propinsi).

Jawaban, buka disini: Contoh Barang Tambang Organik, Logam, Untuk Industri di Daerah Tempat Tinggalmu

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 52 materi pembelajaran 1 subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar! Lihat soal lainnya secara lengkap: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 48 50 51 52 53 54 55 56 57 Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia Pembelajaran 1

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :