Apa Arti Ramadan Kareem, Yuk Simak Ucapan Ramadan yang Tepat

Pada umumnya setiap menjelang bulan suci Ramadhan, banyak orang yang mengucapkan Ramadhan Kareem. Tapi apa sebenarnya arti Ramadhan Kareem?

Ucapan Ramadhan Kareem ini juga semakin menjamur menjelang bulan suci Ramadhan 1443 H yang telah ditetapkan pemerintah jatuh pada Minggu, 3 April 2022. Secara umum, salam Ramadhan Kareem disampaikan secara langsung maupun melalui pesan singkat atau media sosial.

Tapi apa sebenarnya arti Ramadhan Kareem? Berikut ini akan dijelaskan pengertian Ramadhan Kareem. Apakah kalimat Ramadhan Kareem cocok untuk menyapa bulan Ramadhan? Dan apa ucapan yang tepat untuk bulan Ramadhan?

Karim sendiri berarti murah hati. Oleh karena itu Ramadhan Kareem dapat diartikan sebagai ‘Semoga Ramadhan merahmatimu’.

Namun, melalui makna ini, kata-kata Ramadhan Kareem telah mengundang banyak perdebatan. Pasalnya, bukan Ramadhan yang memiliki kedermawanan, melainkan Allah SWT yang menjadikannya demikian.

Oleh karena itu, Ramadhan Mubarak dianggap lebih tepat diucapkan daripada Ramadhan Kareem. Sebab, Ramadhan Mubarak sendiri berarti ‘Ramadhan berkah’ atau ‘Ramadhan bahagia’.

Hal ini juga ditegaskan lebih lanjut oleh salah seorang ulama Muslim, Syekh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin.

“Hukumnya kalimat ‘Ramadhan Karim’ ini tidak benar. Yang benar adalah ‘Ramadhan Mubarak’ (Ramadhan berkah) atau semacamnya, karena bukan Ramadhan yang memberi yang disebut murah hati, tetapi Allah Ta’ala yang memberikan keutamaan ini.”

Selain itu, penggunaan Ramadhan Mubarak dinilai lebih tepat karena penggunaannya telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW:

“Ramadhan telah datang kepadamu, bulan mubarak (bulan yang diberkahi). Allah mewajibkan kamu untuk berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka untuknya. Pintu-pintu jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu Di dalamnya ada malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barang siapa yang dihalangi dari berbuat kebaikan, maka sesungguhnya dia terhalang.” (HR.Ahmad).

Meski begitu, tak sedikit juga yang meyakini bahwa penggunaan Ramadhan Kareem juga tidak salah karena mencerminkan berkah yang Allah SWT berikan kepada umat-Nya di bulan suci.

Terlepas dari perdebatan yang ada, wajar saja jika umat Islam dapat menyikapinya dengan bijak dan menggunakan kata-kata yang telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Semoga semangat bulan Ramadhan tidak hanya tercermin melalui kata-kata. Tapi juga amalkan semaksimal mungkin, karena di bulan ini Allah SWT telah membuka pintu ampunan seluas-luasnya.

Sekarang Anda tahu apa arti Ramadhan Kareem. Maka ucapan Ramadhan Mubarak akan lebih tepat disampaikan kepada sesama umat Islam untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :