Apa itu Kemlinthi? Ramai Sebutan yang Disematkan untuk Ganjar Pranowo

Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Trimedya Panjaitan menyebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan kata ‘kemlinthi’ dan tidak menghormati Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Apa itu kemlinthi?

Politisi PDIP itu menyoroti ambisi Ganjar Pranowo yang dinilai ingin mencalonkan diri sebagai presiden pada 2024. Trimedya juga mempertanyakan kinerja Ganjar Pranowo selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Jadi apa kemlinthi yang disematkan ke Ganjar?

Gubernur Jawa Tengah menanggapi pernyataan anggota DPR RI Trimedya yang menyebut dirinya kemlinthi atau bertindak berlebihan. Ganjar mengatakan, keputusan mencalonkan diri sebagai presiden merupakan hak prerogatif Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Itu kan urusan copras capres to itu. Capres itu di PDIP sudah jelas, itu urusannya ketua umum. Urusannya Bu Mega,” kata Ganjar, Kamis (2/6/2022).

Ganjar Pranowo menjelaskan, saat ini dirinya hanya fokus menjalankan tugasnya sebagai Gubernur Jawa Tengah.

“Lha saya tak nyambut gawe (bekerja) ngurusi rob ya tho, saya tak nyambut gawe ngurusi minyak goreng dulu.” tambah Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga mengaku senang dengan kritik yang dilontarkan kepadanya. Di sisi lain, Ganjar melihat kritik sebagai cara untuk memperbaiki diri.

“Iya ndak apa-apa, kalo kritik dari kolega itu buat saya vitamin untuk memperbaiki dan koreksi. Dia sahabat saya kok, jadi kritiknya menurut saya bagian dari cara dia mengingatkan seorang kawan, menjadi koreksi kita untuk kita perbaiki,” kata Ganjar.

Sebelumnya, Trimedya Panjaitan mengkritik kinerja Ganjar Pranowo sebagai Gubernur yang dianggap sibuk bermain media sosial, berambisi mencalonkan diri pada 2024 dan dianggap tidak menghormati Megawati Soekarnoputri hingga dianggap ‘kemlinthi’.

Lantas apa kemlinthi, kata-kata yang diucapkan Anggota DPR RI Trimedya kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo?

Apa Itu Kemlinthi?

Kemlinthi adalah kata yang berasal dari bahasa Jawa khususnya di Jawa Timur. Istilah ini sering diartikan sebagai ‘sok’ atau yang digunakan untuk menilai cara seseorang berpenampilan atau berkomunikasi.

Istilah ‘kemlinthi’ ini sering didengar ketika seseorang berbicara dengan bahasa Jawa baik secara langsung maupun di media sosial.

Itulah informasi singkat seputar apa itu kemlinthi, yang merupakan kata yang diucapkan anggota DPR RI Trimedya Panjaitan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :