Apa Itu Kenaikan Isa Almasih yang Jatuh Pada 26 Mei 2022?

Sebentar lagi umat Kristiani di seluruh dunia akan merayakan Kenaikan Isa Almasih yang jatuh pada Kamis (26/5/2022). Mereka berbondong-bondong ke gereja untuk beribadah merayakan hari suci tersebut. Lantas, seperti apa momen kenaikan Yesus dan seperti apa sejarahnya hingga menjadikannya hari libur?

Kenaikan Isa Almasih atau dikenal oleh orang Kristen sebagai Kenaikan Yesus Kristus adalah momen bersejarah Kenaikan Isa Almasih ke surga.

Momen ini diyakini oleh umat Kristen di seluruh dunia yang tercatat dalam Alkitab Kristen.

Sejarah Kenaikan Isa Almasih

Orang Kristen percaya bahwa Yesus Kristus diangkat ke surga 40 hari setelah kebangkitannya. Peristiwa itu disaksikan oleh para murid Yesus Kristus dan dicatat dalam Perjanjian Baru.

Injil Markus mencatat bahwa Yesus diangkat ke surga dan duduk di sebelah kanan Allah.

Lokasi peristiwa kenaikan itu diyakini berada di Bukit Zaitun, Yerusalem.

Melalui Injil Markus diberitakan bahwa Yesus Kristus memerintahkan para murid-Nya untuk memberitakan Injil kepada semua bangsa di dunia.

Makna Perayaan Yesus Sang Mesias

Seperti disebutkan sebelumnya, hari raya Kenaikan Isa Almasih dirayakan 40 hari setelah kebangkitan Yesus Kristus, tepatnya pada momen Paskah umat Kristiani.

Hari Raya Kenaikan Isa Almasih selalu jatuh pada hari Kamis. Umat ​​Kristen di seluruh dunia dari semua denominasi merayakan Kenaikan Isa Almasih dengan kebaktian di gereja masing-masing.

Setiap denominasi seperti Katolik dan Protestan memiliki rangkaian ibadah tersendiri dalam merayakan hari suci ini.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan Hari Kenaikan Isa Almasih yang jatuh menurut perhitungan 40 hari setelah Paskah Kristen. Sekolah dan fasilitas umum ditutup selama Hari Raya.

Menariknya, negara-negara yang meninggalkan warganya pada hari libur ini adalah Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Luksemburg, Belanda, Norwegia, Swedia, dan Vanuatu.

Orang Kristen memiliki berbagai interpretasi tentang liburan. Salah satunya, mereka memaknai momen tanda keselamatan, yakni melalui diri Yesus Kristus yang naik ke surga.

Itulah makna Kenaikan Isa Almasih yang tahun ini jatuh pada hari Kamis, 26 Mei 2022.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :