APA Itu Kurikulum Merdeka Belajar SD?

  • Whatsapp


APA Itu Kurikulum Merdeka Belajar SD?

Berikut Pengertian dan Ciri-ciri Kurikulum Merdeka di SD MI SDLB Baca penjelasan tentang apa itu Kurikulum Belajar Merdeka untuk SD, pahami ciri-ciri Kurikulum Belajar MerdekaSD, MI, SDLB.

Di bawah ini akan dijelaskan tentang apa itu Kurikulum SD Belajar Merdeka, dan ciri-ciri atau ciri-cirinya.

Simak penjelasan lengkap tentang Kurikulum Belajar MerdekaSekolah Dasar di bawah ini.

Pada dasarnya, Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, dimana isinya akan lebih optimal.

Dalam kurikulum ini, siswa diharapkan memiliki waktu yang cukup untuk mendalami konsep dan memperkuat kompetensi.

Seperti dikutip dari laman kurikulum.kemdikbud.go.id, Kurikulum Merdeka dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel.

Kurikulum Pembelajaran Merdeka menitikberatkan pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi siswa.

Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar SD?

Dilansir dari laman kurikulum.kemdikbud.go.id, bahwa dalam aspek Kompetensi yang Dituju, Kurikulum Merdeka Belajar SD untuk capaian pembelajaran disusun per fase.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa capaian pembelajaran dinyatakan dalam paragraf yang merangkaikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk mencapai, menguatkan, dan meningkatkan kompetensi

SD/sederajat terdiri dari:

Fase A (umumnya setara dengan kelas I dan II SD)

Fase B (umumnya setara dengan kelas III dan IV SD), dan

Fase C (umumnya setara dengan kelas V dan VI SD)

Kemudian, dalam aspek Struktur Kurikulum, Kurikulum Merdeka Belajar SD dibagi menjadi 2 (dua) kegiatan pembelajaran utama, yaitu:

1. pembelajaran reguler atau rutin yang merupakan kegiatan intrakurikuler; dan

2. projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Dalam Kurikulum Merdeka Belajar SD, Jam Pelajaran (JP) diatur per tahun. Satuan pendidikan dapat mengatur alokasi waktu pembelajaran secara fleksibel untuk mencapai JP yang ditetapkan.

Kemudian, satuan pendidikan dapat menggunakan pendekatan pengorganisasian pembelajaran berbasis mata pelajaran, tematik, atau terintegrasi

Dijelaskan bahwa mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) merupakan paduan dari IPA dan IPS

Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran pilihan, tergantung kesiapan satuan pendidikan

Satuan pendidikan atau peserta didik dapat memilih sekurang-kurangnya satu dari empat mata pelajaran Seni dan Budaya: Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, atau Seni Tari

Kemudian dalam aspek Pembelajaran, Kurikulum Merdeka Belajar SD menguatkan pembelajaran terdiferensiasi sesuai tahap capaian peserta didik.

Paduan antara pembelajaran intrakurikuler (sekitar 70-80% dari jam pelajaran) dan kokurikuler melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila (sekitar 20-30% jam pelajaran)

Dalam hal Penilaian, Kurikulum Merdeka Belajar SD adalah dengan penguatan pada asesmen formatif dan penggunaan hasil asesmen untuk merancang pembelajaran sesuai tahap capaian peserta didik.

Menguatkan pelaksanaan penilaian autentik terutama dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila

Tidak ada pemisahan antara penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Untuk mengenal lebih jauh tentang Kurikulum Merdeka Belajar SD, silakan menuju link berikut:

https://kurikulum.kemdikbud.go.id/perbandingan/?jenjang=3&kurikulum1=4&kurikulum2=

Demikian penjelasan apa itu Kurikulum Merdeka Belajar SD.

 

Related posts