Apakah Fungsi Kapas dan Minyak Goreng Pada Kapal Otok-otok

Apakah Fungsi Kapas dan Minyak Goreng Pada Kapal Otok-otok – Pada kesempatan ini kami akan membahas perihal Apakah Fungsi Kapas dan Minyak Goreng Pada Kapal Otok-otok. Dengan adanya pelajaran ini, besar keinginan Ramal.id bahwa kalian dapat menerapkan artikel ini sebagai sebuah pertanda untuk belajar. Nah seketika saja untuk teman teman kelas 4 SD lantas kita belajar bersama dibawah ini :

Apakah fungsi kapas dan minyak goreng pada kapal otok-otok, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 67 68 69 70 72 73 tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2016.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Perubahan Energi Apakah yang Mampu Mendorong Kapal Untuk Bergerak. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 72

Ayo Mencoba
Banyak contoh pemanfaatan energi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan mainan pun ada yang memanfaatkan adanya perubahan energi.

Apakah fungsi kapas dan minyak goreng pada kapal otok-otok

Kapal Otok-Otok, Mainan Kapal Uap
Kapal otok-otok merupakan mainan tradisional berbahan baku seng dan merupakan mainan kebanggaan anak-anak Indonesia. Cara kerjanya menggunakan prinsip tekanan uap untuk menggerakkan atau mendorong kapal.

Alat dan Bahan
1. Seng
2. Gunting seng
3. Spidol
4. Tang
5. Cat besi
6. Kuas

Langkah kerja
1. Buat gambar pola badan kapal pada seng menggunakan spidol.
2. Buat pola ruang pembakar.
3. Potong semua pola menggunakan gunting seng. Mintalah bantuan orang tua, guru, atau orang dewasa yang mendampingi untuk melakukannya. Jangan melakukannya sendiri!
4. Buat saluran pipa panjang knalpot dari seng yang digulung.
5. Rangkailah kapal dan rekatkan tiap tiap bagian dengan membuat tekukan pada seluruh bagian tepinya
6. Warnailah kapal menggunakan cat besi. Warnai sesuai seleramu

Cara memainkan sebagai berikut.
1. Isi air pada dua pipa yang ada di bagian depan perahu.
2. Masukkan minyak goreng dan sedikit kapas ke wadah pembakaran yang berfungsi sebagai pembakar.
3. Nyalakan pembakar yang sudah diisi kapas dan minyak goreng.
4. Setelah kapal panas akibat pembakaran, maka kapal mainan akan mulai bergerak dan akan mengeluarkan bunyi otok-otok…otok-otok.

Kesimpulan:

2. Apakah fungsi kapas dan minyak goreng?

Jawaban : Kapas berfungsi untuk menyerap minyak goreng dan juga sebagai sumbu, sedangkan minyak goreng berfungsi sebagai bahan bakar kapal.

3. Apa yang akan terjadi jika tidak ada kapas dan minyak goreng?

Jawaban, buka disini: Apa yang Akan Terjadi Jika Tidak Ada Kapas dan Minyak Goreng

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 72 tentang Apakah fungsi kapas dan minyak goreng pada kapal otok-otok. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar! Lihat soal lainnya secara lengkap: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 67 68 69 70 72 73 Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia Pembelajaran 3

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :