Aturan Terbaru Penggunaan Masker Terbit, Simak!

Jakarta, – Pemerintah kembali mengeluarkan peraturan terbaru terkait protokol kesehatan selama pandemi Covid-19, setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pelonggaran kewajiban penggunaan masker.
Jokowi dalam konferensi pers kemarin mengumumkan pelonggaran kewajiban penggunaan masker di luar ruangan. Namun, penggunaan masker tetap dianjurkan bagi masyarakat yang beraktivitas di ruangan tertutup dan kendaraan umum.

Sejalan dengan keputusan tersebut, Gugus Tugas Covid-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) 18/2022 tentang Ketentuan Perjalanan Bagi Orang Dalam Negeri Selama Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam surat edaran yang ditandatangani Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Suharyanto, pemerintah mengatur sejumlah protokol kesehatan terkini selama pandemi Covid-19, khususnya penggunaan masker.

Berikut aturan terbaru penggunaan masker:

Menggunakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut dan dagu selama berada di dalam ruangan atau ketika berada dalam kondisi kerumunan;

Mengganti masker secara berkala setiap empat jam, dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan;

Selain itu, pemerintah juga mewajibkan masyarakat mencuci tangan secara berkala menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer, terutama setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain.

Kemudian, menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain serta menghindari kerumunan, dan diimbau untuk tidak berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan dengan moda transportasi umum darat, perkeretaapian, laut, sungai, danau, penyeberangan, dan udara.

Sebelumnya, Jokowi memperbolehkan masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan tidak menggunakan masker. Namun, ketentuan ini tidak berlaku bagi masyarakat yang berkegiatan di dalam ruangan atau transportasi publik. Selain itu, ketentuan ini juga tidak berlaku bagi masyarakat lansia atau memiliki komorbid.

 

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :