Bacaan Mengenai Penggunaan Energi Alternatif Tema Energi Alternatif Sinar Matahari, Air dan Angin

Bacaan Mengenai Penggunaan Energi Alternatif Tema Energi Alternatif Sinar Matahari, Air dan Angin – Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang Bacaan Mengenai Penggunaan Energi Alternatif Tema Energi Alternatif Sinar Matahari, Air dan Angin. Dengan adanya pelajaran ini, besar keinginan Ramal.id bahwa kalian dapat mengaplikasikan artikel ini sebagai sebuah tanda untuk belajar. Nah langsung saja untuk teman sahabat kelas 4 SD langsung kita belajar bersama dibawah ini :

Buatlah bacaan mengenai penggunaan energi alternatif dengan memilih tema berikut ini Energi alternatif sinar matahari, air dan angin, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 120 121 124 125 126 127 128 tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2016.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Apakah yang Dimaksud Biogas Kotoran Sapi. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Buatlah bacaan mengenai penggunaan energi alternatif dengan memilih tema berikut ini Energi alternatif sinar matahari air dan angin

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 125

Ayo Mencoba
Buatlah bacaan mengenai penggunaan energi alternatif dengan memilih tema berikut ini.

1. Energi alternatif sinar matahari.
2. Energi alternatif air.
3. Energi alternatif angin.

Untuk memudahkan penulisan, kamu dapat mencari informasi melalui buku, artikel, atau koran dan majalah. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan bacakan di depan teman-teman dan gurumu.

Jawaban : Berikut ini contoh bacaan mengenai penggunaan energi alternatif :

1. Energi alternatif sinar matahari
Pemanfaatan energi matahari sebagai sumber energi alternatif untuk mengatasi krisis energi, khususnya minyak bumi. Di samping jumlahnya yang tidak terbatas, pemanfaatannya juga tidak menimbulkan polusi yang dapat merusak lingkungan. Cahaya atau sinar matahari dapat diubah menjadi listrik dengan menggunakan teknologi sel surya.

Salah satu keunggulan dalam pengolahan listrik tenaga surya adalah sifat ramah lingkungan. Karena proses pengolahan ini tidak menghasilkan polusi yang berisiko mengganggu ekosistem. Itulah sebabnya pengolahan listrik tenaga surya merupaka potensi besar yang harus dikembangkan semaksimal mungkin di tanah air.

Di antara sumber energi, energi matahari adalah yang terpenting karena energi matahari merupakan sumber energi yang benar-benar terbarukan. Energi matahari tersedia setiap hari. Kita tidak akan kehabisan energi matahari, tidak seperti beberapa sumber energi lainnya. Energi matahari akan dapat diakses selama matahari masih bersinar.

2. Energi alternatif air
Energi alternatif air adalah satu sumber terbesar energi terbarukan. Energi ini dapat dimanfaatkan dan diubah menjadi listrik dan pembangkit listrik tenaga air tanpa meninggalkan dampak negatif seperti yang dihasilkan oleh pembangkit listrik yang menggunakan energi fosil. Energi yang dihasilkan pun ramah lingkungan karena tidak meninggalkan limbah.

Berbeda dengan sumber energi terbarukan lainnya air akan terus menghasilkan tenaga dan ketersediaannya terus dihasilkan oleh adanya siklus air. Tidak hanya di sungai, arus dari air laut pun bisa digunakan sebagai sumber energi.

Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dihasilkan dari energi potensial air yang diubah menjadi energi mekanik oleh turbin dan energi tersebut yang selanjutnya diubah untuk menjadi energi listrik oleh generator dengan memanfaatkan ketinggian dan kecepatan air.

3. Energi alternatif angin
Energi alternatif angin dihasilkan dari hembusan angin yang diolah dan dikumpulkan menjadi suatu energi yang besar. Biasanya energi ini dihasilkan dengan menggunakan kincir angin. Cara kerja kincir angin ini memang sering kali terlihat gerakan lambat. Meskipun begitu kincir angin ini mampu menghasilkan energi yang sangat besar.

Energi angin tersebut bisa digunakan sebagai energi listrik setelah disambungkan dengan generator. Energi listrik ini bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari manusia. Bahkan energi dengan kekuatan angin ini lebih ramah lingkungan dibandingkan energi alternatif lain, karena sama sekali tidak menimbulkan limbah.

Angin merupakan salah satu energi yang terbarukan atau tidak akan pernah habis seperti minyak bumi. Energi angin merupakan energi yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan dampak negatif.

Penggunaan energi alternatif merupakan satu bentuk usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan sekaligus untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Namun, kesadaran untuk melakukan usaha-usaha pelestarian lingkungan tersebut tidak sepenuhnya disadari dan dilakukan oleh masyarakat. Bahkan ada sebagian masyarakat yang berperilaku tidak bertanggung jawab yang mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Ayo Berlatih
Carilah informasi dan data dari berbagai sumber referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai pencemaran yang mengakibatkan perubahan alam. Analisislah penyebab (perilaku dan benda) serta akibatnya. Tulislah hasilnya pada kolom berikut! Pemakaian benda atau zat yang dapat mengakibatkan perubahan pada alam.

Jawaban, buka disini: Nama Benda/zat Perubahan Pada Alam Sebab Akibat Sifat​

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 125 tentang Bacaan Mengenai Penggunaan Energi Alternatif Tema Energi Alternatif Sinar Matahari, Air dan Angin. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian, Terimakasih selamat belajar! Lihat soal lainnya secara lengkap: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 120 121 124 125 126 127 128 Pembelajaran 3 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :