Bagaimana Kaitan Antara Letak Banyuwangi dengan Sumber Daya Alam Di Wilayah Tersebut Jelaskan!

Bagaimana Kaitan Antara Letak Banyuwangi dengan Sumber Daya Alam Di Wilayah Tersebut Jelaskan! – Pada kesempatan ini kami akan membahas perihal Bagaimana Kaitan Antara Letak Banyuwangi dengan Sumber Daya Alam Di Wilayah Tersebut Jelaskan!. Dengan adanya pelajaran ini, besar keinginan Ramal.id bahwa kalian bisa menggunakan tulisan ini sebagai sebuah petunjuk untuk belajar. Nah segera saja untuk teman sahabat kelas 4 SD langsung kita belajar bersama dibawah ini :

Bagaimana kaitan antara letak Banyuwangi dengan sumber daya alam di wilayah tersebut? Jelaskan! Pembahasan kunci jawaban tema 2 kelas 4 halaman 38, tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 1 Sumber Energi, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal mengenai Diskusikan dengan temanmu tentang sumber energi yang digunakan untuk mengeringkan ikan. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut.

Bagaimana Kaitan Antara Letak Banyuwangi dengan Sumber Daya Alam Di Wilayah Tersebut Jelaskan

Tahukah kamu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia? Sebagian besar wilayah Indonesia adalah kawasan kepulauan dengan sumber daya yang sangat tinggi nilai ekonomisnya.

Salah satu contohnya adalah Banyuwangi. Panjang garis pantai kabupaten yang berada paling ujung timur Pulau Jawa ini sekitar 175 kilometer. Dengan potensi besarnya, Banyuwangi konsisten menjadi penghasil ikan laut terbesar setelah Bagan Siapiapi. Dan bahkan, hingga kini masih terus mendominasi hasil perikanan di Indonesia, baik perikanan tangkap maupun industri perikanan lainnya. Kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini telah berhasil melakukan ekspor hingga ke 18 negara.

Sistem pengalengan sudah cukup maju. Ditambah lagi industri besar di Pelabuhan Muncar, Banyuwangi terus berkembang. Kabupaten ini sendiri mencatatkan pertumbuhan produksi ikan tangkap yang konsisten, yaitu sebesar 31.600 ton pada 2011 dan naik cukup besar menjadi 44.570 ton pada tahun berikutnya.

Pada tahun 2013, produksi ikan tangkap Banyuwangi mencapai 49.539 ton, dengan jenis ikan tangkap terbanyak adalah ikan layang dan lemuru.

Dalam bidang perikanan, Bayuwangi menyerap banyak tenaga kerja, mulai dari nelayan, pekerja industri perikanan, hingga industri rumahan.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.
Bagaimana kaitan antara letak Banyuwangi dengan sumber daya alam di wilayah tersebut? Jelaskan.

Jawab: Panjang garis pantai kabupaten Banyuwangi yang berada paling ujung timur Pulau Jawa ini sekitar 175 kilometer. Dengan potensi besarnya, Banyuwangi konsisten menjadi penghasil ikan laut terbesar setelah Bagan Siap-iapi.

Bagaimana kaitan antara sumber daya alam dengan kehidupan masyarakat Banyuwangi? Jelaskan.

Jawab: buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 2 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 38. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 5 Subtema 1 Sumber Energi. Terimakasih, selamat belajar! Jawaban soal diatas, buka disini: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 37 38 39 40 41 Pembelajaran 5 Subtema 1 Sumber Energi

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :