Beban Ganda Perempuan Pengaruhi Kondisi Kesehatan Mental, Begini Cara Mengatasinya

Hingga saat ini, ia masih sering tidak memiliki pilihan antara menjadi wanita karir atau ibu rumah tangga. Sehingga tak jarang perempuan akhirnya mengambil peran ganda yang menurut Psikolog dan pendiri Analysis of Personality Development Center (APDC) Analysis Widyaningrum itu mempengaruhi kondisi mentalnya.

Oleh karena itu, menurut analisis, pemberdayaan psikologis penting dalam menghadapi perubahan dan untuk meningkatkan kinerja di tempat kerja karena dapat meningkatkan rasa kontrol pribadi yang dapat memotivasi pekerjaan untuk mendapatkan hasil yang positif.

“Agar kita sebagai perempuan bisa tetap fokus menjalankan peran dan melawan stigma yang ada di masyarakat, ada beberapa karakter penting yang harus kita miliki. Yang pertama adalah perawatan diri dimana kita harus menghargai diri kita sendiri secara fisik, psikis dan spiritual. Kedua, terus menggali diri dan juga memupuk kemampuan yang kita miliki. Terakhir, perempuan juga harus memiliki mindset berkembang, di mana kami percaya bahwa kemampuan kami dapat dikembangkan melalui dedikasi, kerja keras, dan juga umpan balik dari orang lain.” kata Analisis.

Perempuan juga harus mampu mengelola stres dengan menentukan kembali tujuan awal dalam menjalankan peran gandanya dalam bekerja dan mengurus rumah tangga. Konsep baru Work-Life Harmony dijelaskan bukan Work-Life Balance, pekerjaan dan kehidupan tidak boleh dipisahkan atau diseimbangkan, tetapi disinergikan dengan porsi yang tidak selalu harus sama.

CEO Grant Thornton Indonesia, Johanna Gani, mengatakan, berdasarkan laporan tahunan Grant Thornton “Women in Business” bahwa semakin banyak wanita Indonesia yang menduduki posisi manajemen senior termasuk level C, menunjukkan kontribusi signifikan wanita di Indonesia di perusahaan mereka. bekerja untuk.”

“Memiliki peran ganda sebagai ibu dan wanita pekerja merupakan tantangan tersendiri. Besarnya peran dan tanggung jawab yang diemban perempuan semakin terasa sejak pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir. Oleh karena itu, Grant Thornton Indonesia bersama Mbak Analisis berbagi tips penguatan kesehatan mental bagi perempuan Indonesia dalam menjalankan perannya sebagai ibu dan perempuan pekerja secara optimal.”

“Ke depan, Grant Thornton akan terus mendukung perempuan Indonesia untuk menggali potensinya sehingga dapat menginspirasi perempuan lain untuk memberikan dampak yang luas baik di keluarga maupun di masyarakat,” pungkas Johanna.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :