Bersama Orang Tuamu Amatilah Hewan-Hewan yang Ada di Sekitarmu – SD Kelas 5

Bersama Orang Tuamu Amatilah Hewan-Hewan yang Ada di Sekitarmu – Pada kesempatan ini kami akan membahas seputar Bersama Orang Tuamu Amatilah Hewan-Hewan yang Ada di Sekitarmu. Dengan adanya pembelajaran ini, besar keinginan Ramal.id bahwa kalian bisa menerapkan artikel ini sebagai sebuah petunjuk untuk belajar. Nah seketika saja untuk sahabat sahabat kelas 5 SD segera kita belajar bersama dibawah ini :

Bersama orang tuamu, amatilah hewan-hewan yang ada di sekitarmu! Soal pembelajaran 1 tema 1 subtema organ gerak hewan kelas V 5 SD/MI. Pada pembahasan soal sebelumnya, kalian telah mengetahui jawaban pertanyaan mengenai ide pokok, mulai dari pengertian, fungsi dan cara menentukannya.

Selain itu, ada juga soal tentang mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf. Sudah selesai mengerjakannya kan? Jika belum, cek lagi jawabannya, cari di kolom pencarian dengan kata kunci yang singkat.

Bersama Orang Tuamu Amatilah Hewan-Hewan yang Ada di Sekitarmu

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tuamu, amatilah hewan-hewan yang ada di sekitarmu. Tuliskan pola gerak dari masing-masing hewan tersebut. Ceritakan hasilnya kepada teman-teman atau guru di sekolah.

Di sekitar rumahmu tentu ada banyak hewan kan?

Contoh hewan yang ada di sekitar kita misalnya seperti cicak, ayam, kambing, sapi, kelinci, burung, dan ikan. Selain ke tujuh hewan tersebut, tentu masih ada banyak lagi kan?

Nah berikut ini nama hewan dan organ geraknya :

1. Organ Gerak Ikan dan Fungsinya

Organ gerak pada ikan adalah sirip dan ekor. Fungsinya untuk membantu ikan bergerak maju, mundur, berbelok ke samping kanan kiri, maupun untuk berbalik arah.

2. Organ Gerak Katak dan Fungsinya

Katak memiliki dua organ gerak, yaitu kaki dan tangan. Fungsinya untuk berpindah tempat, masing-masing kaki dan tangan dilengkapi selaput diantara jari gunanya untuk membantu saat berenang di air.

3. Organ Gerak Burung dan Fungsinya

Burung tentu saja memiliki organ gerak. Organ gerak burung adalah sayap, jumlahnya dua. Fungsi sayap yaitu membantu burung saat terbang dan sekaligus mengendalikan arah terbang.

4. Organ Gerak Ular dan Fungsinya

Berbeda dengan ikan, katak dan burung, organ gerak ular adalah otot perut. Otot perutnya memiliki fungsi untuk membantu ular berpindah tempat dengan cara melata, mirip seperti cacing.

5. Organ Gerak Kadal dan Fungsinya

Berbeda dengan ular, organ gerak kadal adalah dengan 4 kaki. Fungsinya dapat membantu kadal berjalan di daratan maupun berenang di permukaan air.

6. Organ Gerak Kambing dan Fungsinya

Sama seperti kadal, organ gerak hewan kambing adalah dengan 4 kaki. Fungsinya untuk membantu kambing berpindah tempat, berjalan atau pun berlari.

Nah itulah jawaban soal tentang pengamatan Bersama Orang Tuamu untuk mengamati Hewan-Hewan yang Ada di Sekitarmu. Semoga bermanfaat, dan semangat dalam mengerjakan tugas.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :