cara cek apakah benar pinjaman online terdaftar di OJK

cara cek apakah benar pinjaman online terdaftar di OJK – Informasi mengenai teknologi memang banyak sekali peminatnya. Ramal.id pada kesempatan ini akan memberikan ulasan mengenai cara cek apakah benar pinjaman online terdaftar di OJK. Nah langsung saja kalian simak pertanyaan dan review yang kami himpun dari arie.pro sebagai berikut :

cek aplikasi pinjaman online di OJK

OJK atau yang merupakan singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan adalah lembaga independen yang berfungsi mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor jasa keuangan. Sehingga perusahaan yang terdaftar di OJK akan diatur dan diawasi oleh OJK. Secara tidak langsung, OJK akan memberikan perlindungan kepada konsumen.


Dalam bahasa awam yang lebih mudah dipahami, perusahaan yang terdaftar di OJK diawasi oleh pemerintah, sehingga kita sebagai konsumen akan merasa lebih aman dan terlindungi jika dibandingkan dengan perusahaan yang sama sekali tidak terdaftar di OJK.

Dan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengecek apakah perusahaan pinjaman online atau aplikasi pinjaman online sudah terdaftar di OJK atau tidak. Karena banyak juga aplikasi yang mengaku diawasi OJK tapi tidak terdaftar. Banyak aplikasi yang hanya mengklaim terdaftar di OJK untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat agar dapat menarik lebih banyak pengguna.

OJK menerapkan regulasi yang sangat ketat agar perusahaan aplikasi pinjaman online dapat terdaftar di OJK. Salah satunya adalah OJK melarang aplikasi pinjaman (pinjaman online) dapat mengakses data semua kontak di smartphone pengguna dan juga tidak dapat mengakses file pengguna. Yang memungkinkan hanya akses ke kamera, lokasi dan audio saja.

Cara cek perusahaan aplikasi pinjaman online terdaftar di OJK atau tidak

Kunjungi website OJK di alamat berikut: https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Default.aspx Kemudian akan muncul update terbaru dari daftar penyedia pinjaman online (perusahaan) .
Silahkan pilih yang terbaru atau terupdate, kemudian nanti di bagian atas artikel terdapat link untuk melihat dan mendownload file PDF.
Dalam file tersebut kita dapat melihat daftar perusahaan yang terdaftar di OJK.

Jadi kita bisa menentukan apakah pinjaman online yang kita pakai atau akan pakai ada atau tidak. Jika ada maka kita akan merasa sedikit lebih aman karena perusahaan tersebut diawasi dan diatur oleh ojk. Seperti bunga pinjaman maksimal 0,8%.



Nah semoga dengan adanya artikel ini cara cek apakah benar pinjaman online terdaftar di OJK dapat menjawab segala pertanyaan yang tentunya kalian alami. Semoga dengan pengetahuan yang kami bagikan akan kalian temukan kegunaan dari artikel ini. Terima beri

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :