Cara Cek Penerima Bansos 2021

Ramal.id – Bansos 2021 kembali di lanjutkan programnya oleh pemerintah pada tahun 2021 ini. Nantinya program bantuan sosial ini akan di bagi menjadi 2 bagian yakni bansos reguler dan juga bansos khusus. Adapun perbedaannya adalah Bansos Reguler terdiri dari Program Keluarga Harapan dan Program Bansos Sembako kepada penerima manfaat non PHK berupa BLT sebesar Rp 200 ribu setiap bulannya. Sedangkan Bansos Khusus Berupa BLT Rp 300 ribu perbulan yakni mulai Januari 2021 sampai dengan April 2021 kepada penerima bansos JABODETABEK serta penerima program bansos semabako NON PHK.

Cara Mengecek Penerima Bansos 2021

Cara mengecek penerima bansos 2021 yakni dengan membuka halaman resmi dari Kemensos di : https://dtks.kemensos.go.id/ untuk mengetahui status anda sebagai penerima bansos atau bukan. Anda dapat mengecek dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan ataupun ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang anda miliki. Jika memang anda tidak memiliki keduanya ataupun lupa, anda bisa memasukkan nomor Penerima Bantuan Iuran yang merupakan program dari Jaminan Kesehatan Nasional.

Setelah itu masukkan Nama Anda dan juga kode yang disediakan. Lanjutkan dengan klik tombol CARI. Proses akan terjadi dimana sistem akan mencocokan id dan Nama yang ada dalam database server DTKS. Jika anda terdaftar maka nama anda akan tampil di halaman Situs. Tetapi jika belum maka anda harus mendaftarkan diri anda terlebih dahulu.

Cara Mendaftar Penerima Bansos 2021

Cara mendaftar penerima bansos 2021 adalah dengan melapor ke kelurahan anda dengan membawa KTP dan KK anda. Selanjutkan dari kelurahan akan membahas layak tidaknya anda masuk kedalam DTKS. Jika layak nantinya anda akan mendapatkan berita acara yang telah di tandatangani Lurah. Setelah itu akan diverifikasi secara bertahap mulai dari tingkat kelurahan sampai dengan kemensos. (sumber: CNNIndonsia)

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :