Cara Membuat dan Memasak Ketupat Padat, Anti Gagal, dan Tahan Lama untuk Lebaran Idul Fitri 2022

Simak informasi cara membuat ketupat sendiri dari daun kelapa, cara memasak ketupat yang benar dan tips membuat ketupat sehingga menghasilkan ketupat yang padat, tahan gagal, dan tahan lama.

Perayaan Idul Fitri kini tinggal beberapa hari lagi. Mulai minggu depan, kita akan berpisah dengan bulan suci Ramadhan dan akan memasuki 1 Syawal 2022 atau 1443 H pada 2 atau 3 Mei 2022.

Perayaan Idul Fitri identik dengan berbagai tradisi di Indonesia, seperti arisan, saling meminta maaf, hingga makanan khas Idul Fitri seperti kue putih salju dan ketupat.

Berbicara tentang ketupat, benda berbentuk persegi panjang ini sering dicari oleh berbagai kalangan, mulai dari cara membuat dan memasak ketupat yang benar dan mudah.

Ketupat sendiri sering disajikan dengan lauk opor ayam, sayur pepaya, hingga rendang sapi tergantung selera.

Untuk dapat membuat ketupat yang padat dan kenyal, juga dibutuhkan beberapa teknik tersendiri yang harus diperhatikan agar ketupat matang sempurna.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin membuat ketupat seperti yang dijelaskan oleh Corporate Executive Chef Prasanthi Hotels and Resorts, Bahran:

1. Pastikan dengan daun ketupat yang akan dipakai telah terlebih dahulu dicuci dengan bersih secara menyeluruh.

2. Rendam terlebih dahulu beras yang akan digunakan untuk mengisi ketupat dengan air selama 1 jam yang telah diberi garam sebelumnya.

3. Untuk hasil ketupat yang wangi dan tahan lama, tambahkan daun pandan, daun sereh atau daun salam dalam air rebusan ketupat dan garam secukupnya.

Cara Membuat Ketupat dari Daun Kelapa

Biasanya mendekati Lebaran Idul Fitri, Anda akan dengan mudah menemukan banyak penjual ketupat yang sudah berisi maupun hanya selongsongnya saja.

Jika Anda tidak ingin membeli cangkang ketupat yang sudah jadi, Anda bisa menganyamnya sendiri. Ini juga membuat ketupat lebih higienis karena acap kali ketupat yang sudah jadi sudah terkontaminasi benda asing.

Berikut cara membuat ketupat dari daun kelapa sendiri di rumah:

1. Pertama-tama siapkan janur daun kelapa yang masih utuh perlu memilih daun kelapa yang masih muda atau berwarna hijau muda. Bersihkan dengan air mengalir lalu buang bagian lidi pada daun kelapa supaya daun bisa dibentuk dengan mudah.

2. Ambil helai janur serupa yang telah dibersihkan. Gulung janur sampai tiga kali gulungan pada tangan kiri dengan posisi bawah janur menghadap ke atas.

3. Ambil janur satu lagi, gulungkan juga pada tangan kanan sebanyak tiga kali. Namun, kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah. Intinya, gulungan di kanan atau kiri harus saling berkebalikan supaya bisa membuat rangka.

4. Masukkan kedua gulungan janur yang telah saling berkebalikan. Lakukan secara selang-seling kemudian tekuk ujung janur kanan seperti membuat anyaman.

5. Lakukan hal serupa dengan ujung janur kiri lalu masukkan ke rangka untuk membuat rangka

6. Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, ke janur yang berada pada posisi tengah.

7. Teruskan anyaman tadi sampai bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.

8. Rapikan anyaman dengan menarik ujung kecil dan ujung besar hingga membentuk bidang segi empat atau belah ketupat.

9. Setelah rapi, ketupat bisa digunakan untuk menjadi wadah memasak beras dengan dikukus atau direbus.

Setelah belajar membuat ketupat sendiri dari daun kelapa di rumah, berikut adalah cara memasak ketupat yang padat, anti gagal, dan tahan lama:

Bahan:

1. Selongsong ketupat

2. Beras pulen 500 gram

3. Air untuk merebus secukupnya

4. Garam secukupnya

5. Daun pandan, daun sereh, atau daun salam

Cara memasak ketupat:

1. Isi ketupat dengan beras yang telah direndam terlebih dahulu dengan air selama 1 jam. Buka ujung ketupat dan masukkan beras hingga maksimal ke 2/3 bagian ketupat. Jika terlalu penuh beras akan meluber dan jika terlalu sedikit maka ketupat tidak akan padat.

2. Tutup kembali ujung ketupat dengan rapat supaya beras tidak bocor saat direbus.

3. Panaskan air hingga mendidih untuk merebus ketupat. Tambahkan garam dan daun pandan, sereh, atau salam untuk hasil ketupat yang wangi dan tahan lama.

4. Masukkan ketupat yang telah terisi hingga terendam air rebusan. Masak dengan api kecil hingga 2-3 jam sampai matang. Perhatikan air rebusan apabila air mulai menyusut hingga sedikit.

5. Angkat ketupat dari perebusan jika sudah matang. Gantung ketupat hingga kering supaya ketupat kering dan padat sempurna.

Demikian informasi mengenai cara membuat ketupat sendiri dari daun kelapa, cara memasak ketupat yang benar dan tips membuat ketupat sehingga menghasilkan ketupat yang padat, anti gagal, dan tahan lama.

 

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :