Ceritakan Pengalamanmu Memiliki Teman yang Berbeda Agama, Perbedaan Apa yang Kamu Ketahui Kelas 4 Halaman 85

Ceritakan Pengalamanmu Memiliki Teman yang Berbeda Agama, Perbedaan Apa yang Kamu Ketahui Kelas 4 Halaman 85 – Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang Ceritakan Pengalamanmu Memiliki Teman yang Berbeda Agama, Perbedaan Apa yang Kamu Ketahui Kelas 4 Halaman 85. Dengan adanya pelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian bisa mengaplikasikan artikel ini sebagai sebuah petunjuk untuk belajar. Nah segera saja untuk sahabat sahabat kelas 4 SD langsung kita belajar bersama dibawah ini :

Ceritakan pengalamanmu memiliki teman yang berbeda agama, perbedaan apa yang kamu ketahui? Bagaimana sikapmu terhadap perbedaan tersebut? Pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 4 halaman 85, tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal mengenai Apakah kamu pernah mengalami gangguan indra pendengar? Ceritakan! Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ceritakan Pengalamanmu Memiliki Teman yang Berbeda Agama, Perbedaan Apa yang Kamu Ketahui

Pahamilah teks berikut dan diskusikan isinya dengan temanmu.

Belajar dari Cerita

Pak Burhan selalu memulai kegiatan di kelas dengan berbagi cerita. Bukan Pak Burhan yang bercerita, tetapi anak-anak di kelas yang bergantian bercerita. Berbagi cerita selalu dinantikan oleh anak-anak. Semua ingin memperoleh kesempatan bercerita.

Pagi ini, Pak Burhan mengajak anak-anak berbagi cerita seputar hari raya. “Sehari sebelum hari Natal, yaitu di tanggal 24 Desember, aku dan keluarga berkumpul di rumah Opa.” ujar Edo. “Di hari itu, Oma pasti memasak makanan spesial yang jarang dimasaknya di hari lain. Papeda juga menjadi makanan spesial yang terhidang di malam Natal. Kami sekeluarga berkumpul hingga larut malam, dan mengakhiri malam dengan berdoa. “Nah, kalau di hari Natal, pada tanggal 25 Desember, kami sekeluarga pergi beribadah Natal di gereja.

“Wah, ternyata hampir sama seperti hari raya Idul Fitri ya” ujar Siti. “Kami pun di hari Idul Fitri selalu berkumpul dan saling memohon maaf dengan kerabat dan saudara setelah ibadah di Masjid,” tambahnya. “Iya ya, sama seperti Edo pada hari Natal, saat Idul Fitri juga selalu ada makanan spesial, yaitu ketupat dan opor ayam.” Udin menambahkan komentar Siti.

“Di Bali, menjelang hari raya Galungan seluruh kampung selalu ramai dihiasi oleh penjor atau janur yang tinggi. Kami sekeluarga lebih sering pulang ke Bali menjelang hari raya Galungan agar bisa berkumpul dengan sanak saudara di sana. Sebelum merayakan bersama, keluarga melakukan kegiatan ibadah di Pura pada pagi hari,” kata Dayu. “Ah, semua sudah bercerita. Aku juga mau bercerita, Pak. Boleh ya, hari ini banyak yang berbagi cerita.” pinta Lani.

Pak Burhan dan teman-teman sekelas tertawa. “Tentu saja boleh, Lani. Ayo, sekarang giliranmu bercerita.” ujar Pak Burhan. “Nah, kamu pasti belum pernah mendengar cerita tentang kebiasaan keluargaku di hari raya Waisak. Sebenarnya sih tidak banyak berbeda.

Ibu dan nenekku biasanya juga membuat masakan spesial menjelang hari raya Waisak. Saat ini nenekku yang paling tua, jadi semua keluarga akan datang ke rumahku untuk berkumpul pada hari Waisak. Selain menyediakan makan untuk keluarga, pada hari tersebut biasanya kami pun berbuat kebaikan bagi orang lain yang membutuhkan. Vihara, rumah ibadah kami pun dipenuhi cahaya lilin dari umat yang hadir untuk menjalankan ritual ibadah di sana,” Lani mengakhiri ceritanya.

“Berbagi cerita memang selalu menyenangkan. Kita bisa belajar dari banyak cerita, juga belajar dari teman yang berbeda,” ujar Pak Burhan menutup kegiatan pagi ini.

Berdasarkan teks “Belajar dari Cerita”, jawablah pertanyaan berikut!

3. Ceritakan pengalamanmu memiliki teman yang berbeda agama. Perbedaan apa yang kamu ketahui? Bagaimana sikapmu terhadap perbedaan tersebut?
Jawab: Saya memiliki teman yang berbeda agama. Perbedaan yang saya ketahui adalah cara beribadahnya. Teman saya yang beragama Budha beribadah di Vihara, doa-doa yang mereka ucapkan juga berbeda. Menurut saya perbedaan tersebut sangat menarik.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 84-85.  Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih! Jawaban lengkap, buka disini: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 77 78 79 81 82 84 85 Pembelajaran 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :