Contoh Gambar Ilustrasi Tentang Hewan Kelinci dan Organ Geraknya – SD Kelas 5

Contoh Gambar Ilustrasi Tentang Hewan Kelinci dan Organ Geraknya – Pada kesempatan ini kami akan membahas perihal Contoh Gambar Ilustrasi Tentang Hewan Kelinci dan Organ Geraknya. Dengan adanya pelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian bisa memakai tulisan ini sebagai sebuah pertanda untuk belajar. Nah seketika saja untuk teman sahabat kelas 5 SD langsung kita belajar bersama dibawah ini :

Contoh Gambar Ilustrasi Tentang Hewan Kelinci dan Nama Organ Geraknya – Pada kunci jawaban soal pembelajaran 1 tema 1 subtema 1 kelas V sebelumnya, telah dijelaskan ide pokok teks organ gerak hewan dan manusia. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang gambar ilustrasi.

Apa itu gambar ilustrasi? Singkatnya merupakan penggambaran dari sebuah teks. Tujuan ilustrasi adalah untuk memperjelas, memperindah, dan menerangkan isi atau informasi dari sebuah bacaan.

Objek gambar ilustrasi dapat berupa gambar manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan serta benda-benda yang ada di sekitar kita. Objek gambar ini harus disesuaikan dengan isi atau bacaan.

Contoh Teks Gambar Ilustrasi :

1. Pak Rudi mengajak Edo ke kandang kelinci miliknya. Kandangnya sangat luas. Kelincinya banyak sekali.

2. Pak Rudi dan Edo memberi makan kelinci. Mereka memberikan wortel. Kelinci sangat suka makan wortel. Semua kelinci berkumpul mendekat pada Edo.

3. Edo senang sekali. Edo tertawa kegirangan melihat tingkah lucu kelinci-kelinci di kandang kelinci milik Pak Rudi.

4. Semakin lama diamati, tingkah lucu kelinci semakin menggemaskan. Edo pun ikut berlarian mengejar kelinci. Sesekali, Edo menirukan gerakan lucu kelinci, melompat, berlari, dan berdiri dengan dua kaki.

Pada contoh soal tersebut, terdapat 4 gambar dan masing-masing gambar terdapat teks cerita. Lalu bagaimana dengan contoh gambar ilustrasi yang terdapat pada soal tentang hewan kelinci? Berikut ini contohnya :

Contoh Gambar Ilustrasi Tentang Hewan Kelinci

Langkah-Langkah Membuat Gambar Ilustrasi :

1. Gagasan : Gagasan bersumber dari bacaan. Setelah menentukan gagasan, tentukanlah adegan apa yang akan digambar, siapa saja tokohnya, bagaimana suasananya, serta media yang akan digunakan.

2. Sketsa : Sketsa adalah rancangan gambar yang dibuat sesuai dengan gagasan. Membuat sketsa harus berhati-hati, perhatikan bagaimana tata letak dan ukuran objek yang digambar.

3. Pewarnaan : Setelah sketsa selesai dibuat, kamu dapat mewarnainya. Pewarnaan dapat dilakukan dengan dua cara, pertama memberi warna sesuai dengan aslinya, kedua memberi warna berdasarkan imajinasi sendiri.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :