Contoh Pantun yang Mengandung Nasehat dan Maknanya Kelas 5 – SD Kelas 5

Contoh Pantun yang Mengandung Nasehat dan Maknanya Kelas 5 – Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang Contoh Pantun yang Mengandung Nasehat dan Maknanya Kelas 5. Dengan adanya pembelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian dapat memakai artikel ini sebagai sebuah pertanda untuk belajar. Nah segera saja untuk sahabat teman kelas 5 SD lantas kita belajar bersama dibawah ini :

Carilah contoh Pantun yang Mengandung Nasehat dan Maknanya, pembahasan kunci jawaban tema 4 kelas 5 halaman 20 21 22 23 24 25 26. Tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 1 Peredaran Darahku Sehat di buku tematik siswa sekolah dasar.

Untuk menjawab soal dengan benar, kalian baca terlebih dahulu materi lengkap dari halaman 20 sampai 26 di buku tematik siswa SD revisi 2017. Simak penjelasan materi singkat berikut!

Contoh Pantun yang Mengandung Nasihat dan Maknanya

Warga masyarakat Indonesia harus bertanggung jawab dalam meningkatkan pengalaman sosial budaya. Dengan demikian, setiap individu memiliki tanggung jawab yang sama. Tanggung jawab tersebut di antaranya menjaga kebersihan, ketertiban, dan keamanan lingkungan.

Di sini dapat disimpulkan bahwa kekuatan masyarakat terletak pada ikatan kerja sama. Pentingnya kerja sama dalam masyarakat dapat diungkapkan dengan sebuah pantun. Pantun berikut ini memudahkan untuk mengingatnya.

Turun ke paya memetik kangkung
Hati senang dibantu si dia
Bergotong-royong penduduk sekampung
Hasil mufakat hidup bahagia

Masih banyak contoh pantun yang mengandung nasehat. Terutama tentang pentingnya kerja sama dan mufakat dalam masyarakat.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 SD Halaman 25

Carilah contoh pantun yang mengandung nasihat. Jika tidak menemukan contohnya, maka buatlah sendiri. Lengkapi dengan maknanya atau artinya. Bcakan hasil pantunmu di depan kelas.

Jawaban :

Pantun yang mengandung nasehat :

Hati-hati saat menyeberang
Jangan sampai orang marah
Hati-hati di rantau orang
Jangan sampai berbuat salah

Makna atau arti pantun diatas yaitu sebaiknya kita berhati-hati saat berada di daerah lain dan jangan berbuat kesalahan yang dapat merugikan diri sendiri.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 4 kelas 5 SD halaman 25 tentang Contoh Pantun yang Mengandung Nasehat dan Maknanya. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 1 Peredaran Darahku Sehat di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat!

Ikuti berita Ramal.id hari ini, terbaru dan terkini. Anda bisa bergabung mengikuti Ramal.id di Google News pada tautan ini.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :