Dibuka Hari Ini, Ini Link Dashboard Daftar Kartu Prakerja Gelombang 26 dan Syaratnya

Setelah Kartu Prakerja ke-25 resmi ditutup lima hari yang lalu, kini pendaftaran Kartu Prakerja ke-26 resmi dibuka. Informasi ini dilansir dari Instagram resmi Prakerja dengan handle @prakerja.go.id yang menjelaskan bahwa pembukaan Kartu Prakerja ke-26 resmi dibuka, peserta dapat masuk ke dashboard dan klik “Join Waves”. Selain mengumumkan pembukaan Kartu Prakerja ke-26, @prakerja.go.id menjelaskan kriteria peserta yang tidak dapat melakukan pendaftaran Kartu Prakerja ke-26.

Kriterianya antara lain alumni gelombang sebelumnya, calon peserta di luar usia 18-64 tahun, dan calon nonkaryawan. -Kategori Angkatan Kerja. Kuota Kartu Prakerja ke-26 belum diumumkan secara resmi. Namun mengingat kuota Kartu Prakerja sebelumnya yaitu gelombang 24 lebih kecil 300.000 dari gelombang 23, hal ini bisa saja terjadi pada kuota Kartu Prakerja Gelombang 26.

Menyusutnya anggaran program Kartu Prakerja merupakan faktor pengurangan kuota program Kartu Prakerja. Pemerintah sendiri telah menganggarkan sekitar Rp. 11 triliun pada tahun 2022. Anggaran ini lebih kecil dibandingkan tahun 2020 yang sebesar Rp. 20 triliun dan tahun 2021 sebesar Rp. 21 triliun.

Untuk pendaftaran Kartu Kerja ke-26, peserta dapat mengunjungi link dashboard pendaftaran di https://www.prakerja.go.id/.

Persyaratan Pendaftaran Kartu Prakerja angkatan 26

Warga negara Indonesia 18-64 tahun

Tidak sedang menempuh pendidikan formal

Pencari kerja, korban PHK, atau pengusaha

Bukan anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, BUMN /BUMD, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD.

Dalam satu Kartu Keluarga, maksimal dua NIK dapat dibagi menjadi penerima kartu prakerja.

Bukan penerima bansos lainnya di masa pandemi Covid-19.

Tautan dasbor dan cara mendaftar akun pra-kerja gelombang 26.

Kunjungi tautan Pra-Kerja resmi di https://dashboard. prakerja.go.id/List

Isikan alamat email dan kata sandi Anda lalu klik “Daftar”

Buka email Anda dan verifikasi

Setelah verifikasi berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi KTP.

Isi NIK, nomor KK, dan tanggal lahir Anda, lalu klik “Lanjut”

Lengkapi data diri seperti nama lengkap ibu kandung, pendidikan terakhir, dan alamat sesuai KTP Pastikan nama ibu kandung yang dimasukkan adalah benar.

Jika data tidak cocok, Anda dapat menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, Whatsapp/SMS 08118005373, e-mail call center @dukcapil.kemendagri.go.id, atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat untuk pengecekan lebih lanjut.

 

Selanjutnya, verifikasi ID foto.

Pastikan untuk mengunggah foto yang diambil langsung dari ponsel Anda.

Jika foto KTP Anda benar, klik “Kirim Foto E-KTP” Sistem akan memverifikasi KTP yang diunggah.

Selanjutnya, verifikasi foto wajah dengan selfie dengan mempertimbangkan kondisi.

Jika sudah sesuai, klik “Gunakan Foto” Klik “Kirim Foto” untuk langkah selanjutnya.

Selanjutnya verifikasi nomor ponsel Masukkan kode OTP enam digit yang telah dikirimkan ke nomor ponsel Anda Isi pernyataan pemohon sesuai dengan kondisi Anda

Selanjutnya ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa mengikuti seleksi gelombang Kemudian klik “Gabung Gelombang” pilih sesuai dengan domisili Anda Klik pernyataan persetujuan Kemudian tunggu hingga mendapatkan konfirmasi telah bergabung gelombang 26

Sebagai informasi dalam tahap verifikasi wajah diharapkan peserta dapat memperhatikan ketentuan swafoto agar tidak gagal dan berlanjut ke tahap selanjutnya. Berikut ini ketentuan swafoto untuk Kartu Prakerja yang perlu diperhatikan: Pastikan wajah terlihat dengan pencahayaan yang cukup Memenuhi 80 persen dari frame foto Hindari menggunakan aksesoris Swafoto yang diambil tidak perlu menyertakan KTP Ambil foto selfie dengan posisi normal.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :