Dinyatakan Meninggal, Keluarga: Pencarian Eril Akan Tetap Dilanjutkan

Keluarga Ridwan Kamil menyatakan bahwa Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung Ridwan Kamil, meninggal di alam baka. Demikian disampaikan perwakilan keluarga dan saudara kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, dalam konferensi pers, Jumat (4/6/2022). “Emmeril Kahn Mumtadz yang kita kenal sebagai Eril sudah wafat berpulang ke Rahmatullah karena tenggelam,” katanya. Kabar tersebut disampaikan setelah pihak keluarga berkonsultasi dengan ulama dan MUI terkait status Eril menurut syariat. Namun kabar tersebut tidak menyurutkan pencarian Eril yang telah melewati hari keenam ini.

Meski sudah dinyatakan meninggal, pihak keluarga masih berusaha mencari Eril di Swiss. “Status ini tidak mengubah upaya keluarga untuk melakukan pencarian dengan situasi dan harapan kami, kami bisa bertemu dengan keponakan kami Emmeril Kahn Mumtadz dalam keadaan apapun yang Allah ridhoi,” kata Elpi Nazmuzzaman kepada wartawan. Keluarga yang diwakili oleh Elpi Nazmuzzaman sebagai adik Ridwan Kamil masih berada di Swiss untuk memantau pencarian Eril. Ke depan, Elpi bersama KBRI Bern akan memastikan proses pencarian hingga Eril ditemukan. Berdasarkan pernyataan Elpi, polisi Bern bersiap untuk mengerahkan anjing pelacak untuk mencari Eril.

Sementara itu, Ridwan Kamil dan Atalia berencana kembali ke Tanah Air dalam waktu dekat. Pasalnya, cuti Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat akan selesai pada 4 Juni 2022. Nantinya, Ridwan Kamil dan Atalia akan kembali bekerja dalam hal pekerjaan mulai Senin (6/6/2022).

Dilansir dari KBRI Bern, (2/6/2022), pencarian Eril dilanjutkan dengan menggelar patroli darat, patroli kapal, dan penerbangan drone. Namun, para penyelam tidak bisa diturunkan karena derasnya arus Sungai Aare hari itu. Fokus pencarian dilakukan di kawasan Marzili, pintu air Engehalde, Schwellenmaetelli, hingga Wohlensee. Upaya pencarian intensif kembali dilanjutkan hari ini, Jumat (3/6) dengan penambahan dukungan anjing pelacak.

Erwin mengatakan, Ridwan Kamil berserta sang isteri Atalia sudah mengikhlaskan peristiwa yang menimpa putranya itu. Atas pesan dari para ulama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), keluarga akan segera melaksanakan shalat gaib untuk Eril. “Kami telah berkonsultasi dengan MUI Jabar, menyampaikan situasi dan meminta nasihat untuk langkah selanjutnya sesuai syariat islam. Di mana hal ini adalah menunaikan hak almarhum Eril sebagai muslim dari muslim yang lainnya, yaitu disegerakan dishalatkan mana kala wafat,” terang Erwin. “Oleh karena itu pula, selepas pertemuan kami perwakilan keluarga yang hadir bertemu dengan MUI, kami sudah menyelenggarakan shalat gaib untuk almarhum,” imbuhnya.

MUI Jabar juga telah menerbitkan seruan bagi warga yang berkesempatan untuk ikut melaksanakan shalat gaib bagi almarhum Eril. Seruan tersebut disampaikan melalui Surat Edaran MUI Jabar yang ditandatangani oleh Ketua MUI Jawa Barat Rahmat Syafei, Kamis (2/6/2022). “Kembali kami mohon kesediaan warga semua untuk yang berkesempatan dan berpeluang sebelum atau sesudah shalat Jumat dapat mendoakan dan menunaikan shalat gaib untuk almarhum Emmeril Kahn Mumtadz bin Muhammad Ridwan Kamil,” ujar Erwin.

 

Ikuti berita Ramal.id hari ini, terbaru dan terkini. Anda bisa bergabung mengikuti Ramal.id di Google News pada tautan ini.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :