Doa Ziarah Kubur Jelang Ramadhan dan Tata Cara yang Perlu Diperhatikan, Jangan Sembarangan Nyekar!

Menjelang bulan Ramadhan, umat Islam di Indonesia biasanya akan melakukan ziarah kubur ke makam keluarga atau kerabat. Ada tata cara ziarah kubur dan tata cara ziarah kubur yang perlu diperhatikan.

Ziarah ke kuburan sebelum Ramadhan telah menjadi bagian dari warisan budaya Indonesia sejak zaman nenek moyang kita. Namun, ziarah ke kuburan atau nyekar tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebab, ada ritual dan doa ziarah kubur yang perlu diikuti.

Berikut tata cara dan doa ziarah kubur yang perlu diperhatikan sebelum nyekar menjelang bulan Ramadhan.

Ada beberapa tata cara ziarah kubur yang bisa dilakukan menurut sunnah, yaitu sebagai berikut:

1. Diutamakan berwudhu

2. Mengucap salam kepada ahli kubur

3. Memanjatkan doa kepada Almarhum

4. Membaca ayat-ayat pendek Al-Quran

5. Jangan menginjak bagian atas kuburan

6. Jangan bertindak berlebihan

Doa Ziarah Kuburan Sebelum Ramadhan

Selain memperhatikan tata cara ziarah kubur, ada doa-doa ziarah kubur yang perlu dibaca selama berada di kubur.

Berikut ini adalah doa ziarah kubur tulisan latin dan artinya.

1. Membaca Istigfar

Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi.

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Esa, yang tidak memiliki Tuhan selain Dia, Yang Hidup, Yang Mendirikan Diri, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

2. Membaca Surat Pendek (Al Fatihah)

Bismillahir rahmanir rahim Alhamdulillahi rabbil ‘alamin Ar Rahmaanirrahiim Maaliki yaumiddiin Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin Ihdinash-shirraatal musthaqiim Shiraathal ladziina an’amta’ alaihim ghairil maghduubi ‘alaihim waladh.

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Pemilik Hari Pembalasan. Hanya kepada-Mu kami beribadah dan hanya kepada-Mu kami mohon pertolongan.) jalan orang-orang yang Engkau beri nikmat, bukan (jalan) orang-orang yang Engkau murka, bukan (jalan) orang-orang yang sesat.”

3. Membaca Tahlil

Laailaaha Illallah.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah.”

4. Baca Doa Ziarah Kuburan

Allahummaghfìrlahu war hamhu wa ‘aafìhìì wa’fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawass’ madholahu, waghsìlhu bìl maa’ì watssaljì walbarad, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì kamaa khathaya. Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìh. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì.

Artinya: “Ya Allah, beri dia pengampunan dan belas kasihan. Beri dia keselamatan dan ampuni dia. Beri dia kehormatan, lebarkan pintu masuknya. Mandikan dia dengan air, es, dan embun. Bersihkan dia dari kesalahan seperti Engkau membersihkan baju putih dari kotoran Gantilah baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya, dan masukkan dia ke dalam surga, dan beri dia perlindungan dari siksa kubur dan siksa neraka, dan berilah dia tempat di kuburnya dan mencerahkan dia di dalamnya.

Demikian penjelasan tata cara dan doa ziarah kubur lengkap sebelum Ramadhan 2022. Semoga bermanfaat!

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :