Fakta-fakta Menarik Perusahaan Desain Grafis Figma Yang Diakuisisi Oleh Adobe Senilai Rp298 Triliun

  • Whatsapp


Fakta-fakta Menarik Perusahaan Desain Grafis Figma Yang Diakuisisi Oleh Adobe Senilai Rp298 Triliun

Raksasa desain grafis Adobe, secara resmi mengakuisisi Figma. Kabar ini juga memperkuat dominasi perusahaan desain grafis multinasional tersebut. Figma adalah aplikasi desain yang biasa digunakan untuk berkolaborasi antar pengguna dalam suatu proyek.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta menarik tentang aplikasi Figma yang kini diakuisisi oleh Adobe.

1. Alat desain digital dan prototyping

Figma kini telah menjadi salah satu perangkat lunak favorit bagi para pekerja desain dunia. Figma adalah editor grafis vektor dan alat prototyping berbasis web. Figma merupakan alat desain yang bisa digunakan secara bersama dan secara real time sehingga desainer bisa berkolaborasi secara langsung meski tidak dalam satu tempat.

2. Desain untuk bersama

Dylan Field merupakan co-founder sekaligus CEO dari Figma yang resmi diluncurkan pada tahun 2015. Dylan Field bersama dengan alumni Universitas Brown lain, Evan Wallace, ingin memberikan ruang kepada seluruh orang agar bisa membuat desain dan berkolaborasi bersama. Oleh sebab itu, Figma diciptakan agar setiap orang dapat bekerja bersama dengan satu aplikasi yang dapat diakses bersama.

3. Interaksi real time
Salah satu fitur unggulan dari Figma yaitu dapat berinteraksi dengan pengguna lain secara real time. Sehingga komunikasi dan perkembangan dari proyek dapat ditelusuri secara langsung. Kelebihan lainnya yang dimiliki adalah dapat digunakan bersama meskipun dengan berbeda sistem operasi atau berbeda tempat.

4. Berawal dari Thiel Fellowship

Awal mula Figma ketika Field berhasil mendapatkan pendanaan dari Thiel Fellowship senilai USD 100 ribu (Rp1,4 miliar) ketika ia absen dari kuliahnya. Sedangkan Wallace bergabung setelah menyelesaikan kuliahnya. Sejak itu, perkembangan Figma sangat pesat. Setelah dirilis, Figma merilis Komuntias Figma pada tahun 2019. Setelah itu, Figma berhasil bekerja sama dengan Google for Education.

4. Bernilai Rp149 triliun

Sebelum akhirnya berdiri, Figma telah mencuri perhatian investor dengan nilai mencapai USD 3,8 juta atau sekitar Rp56,7 miliar. Setelah itu, selama enam tahun setelah rilis, aplikasi lintas sistem operasi ini telah mendapatkan serangkaian pendanaan, mulai dari pendanaan Seri A, Seri B, Seri C, Seri D, hingga terakhir, tahun 2021 lalu, seri E. Bahkan, pada tahun 2021 lalu, Figma dilaporkan bernilai hingga USD 10 miliar atau sekitar Rp149 triliun.

5. Diakuisisi Adobe

Perkembangan pesat Figma membuat banyak perusahan melirik. Hingga akhirnya, tepat pada tanggal 15 September 2022 lalu, Figma resmi diakuisisi oleh Adobe dengan nominal USD 20 miliar atau sekitar Rp298 triliun. Proses akuisisi ini akan tetap menjadikan Dylan Field sebagai CEO. Namun, Dylan nantinya akan melapor langsung kepada presiden Adobe.

Dylan Field berjanji akan tetap menjalankan Figma seperti cara Figma yang lama. Sehingga diharapkan tidak terdapat perbedaan signifikan yang terjadi di Figma.

Demikian, informasi mengenai Fakta-fakta Menarik Perusahaan Desain Grafis Figma Yang Diakuisisi Oleh Adobe Senilai Rp298 Triliun!

Related posts