Fakta Menarik Crop Top, Diciptakan Sebagai Baju Pria

Umumnya dipakai oleh wanita, crop top atau atasan yang memperlihatkan bagian perut juga mulai menjadi tren pakaian pria. Kontroversi terkadang tak terhindarkan. Padahal, crop top pertama diciptakan sebagai kemeja pria.
Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa crop top sebenarnya hadir untuk pria. Menurut Crop Tops Are For Guys di Tumblr, awal mula crop top sebagai pakaian pria dapat ditelusuri kembali ke tahun 1970-an.

“Kemeja crop top awalnya dibuat oleh pria untuk pria dan merupakan bagian dari sejarah fashion pria sebelum wanita mulai memakainya,” tulis situs tersebut seperti dikutip The Guardian.
Kode berpakaian di gym memicu tren crop top. Saat itu, dilarang keras berlatih tanpa bos. Untuk menyiasatinya, binaragawan memotong bagian bawah baju mereka sehingga mereka bisa melihat otot perut mereka saat berolahraga.

Kang Daniel Memakai Crop Top di Konser Final Wanna One, Penggemar Heboh -  Tabloidbintang.com

Crop top masih mendominasi fashion pria di tahun 80-an, terlebih lagi setelah sejumlah aktor Hollywood memakainya di film-film yang mereka bintangi. Sebut saja Johnny Depp dengan kaos bola seperti di film ‘A Nightmare on Elm Street’ (1984) .

Memasuki dekade 90-an, crop top mulai diadaptasi sebagai pakaian wanita. Madonna, Britney Spears, hingga Gwen Stefani menebarkan aura seksi mereka dengan crop top. Perlahan citra crop top sebagai simbol maskulin mulai memudar.

 

Namun akhir-akhir ini, status tersebut telah direklamasi oleh laki-laki seiring dengan berkembangnya gerakan bebas berekspresi tanpa memandang gender alias gender fluid. Seperti yang dipopulerkan oleh rapper Lil Nas X lewat gayanya di red carpet dan aksi panggung. Gaun hingga crop top sudah jadi andalan.

Di Grammy Awards 2022, dia tampil dengan crop top yang dihiasi detail berlian dari Balmain. Seperti biasa, penampilannya kali ini juga tak luput dari kritik. Kali ini kritik datang dari presenter TV konservatif Greg Kelly. Dia juga menjawab di Twitter, “Sialan greg yang aku lakukan hanyalah memakai crop top kali ini.”

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :