Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Suku Minang Tema 1 Kelas 4 Halaman 67

Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Suku Minang Tema 1 Kelas 4 Halaman 67 – Pada kesempatan ini kami akan membahas seputar Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Suku Minang Tema 1 Kelas 4 Halaman 67. Dengan adanya pembelajaran ini, besar kemauan Ramal.id bahwa kalian dapat menerapkan artikel ini sebagai sebuah petunjuk untuk belajar. Nah segera saja untuk teman sahabat kelas 4 SD langsung kita belajar bersama dibawah ini :

Gagasan pokok dan pendukung Teks Suku Minang pada materi pembelajaran 6 tema 1 subtema Keberagaman Budaya Bangsaku kelas 4 (IV) SD di buku paket tematik halaman 67, 68, 69, dan 70. Untuk mengetahui ide pokok suatu bacaan, kamu wajib membaca seluruh teks bacaan dengan teliti dan cermat.

Baca terlebih dahulu teks paragraf berikut ini!

Suku Minang

Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Suku Minang

Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatra Barat. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang. Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”.

Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah Gadang. Rumah Gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong.

Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong. Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebut talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.

Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.

Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya. Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.

Setiap suku memiliki ciri khas masing-masing. Apakah kamu masih ingat tentang ciri khas Suku Minang? Apa saja yang kamu ingat tentang suku tersebut?

Baca kembali teks tentang Suku Minang, kemudian temukan dan tuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf berikut.

Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Suku Minang

Paragraf 1

Gagasan Pokok : Suku Minang terdapat di Sumatera Barat
Gagasan Pendukung : Orang padang atau urang awak. Bahasa Minang.

Paragraf 2

Gagasan Pokok : Rumah Gadang adalah rumah adat suku Minang
Gagasan Pendukung : Lengkungan rumah seperti kapal. Atap rumah disebut Bagonjong

Paragraf 3

Gagasan Pokok : Alat musik tradisional talempong
Gagasan Pendukung : Talempong cara memainkannya dipukul. Saluang ditiup

Paragraf 4

Gagasan Pokok : Tari-tarian suku Minang
Gagasan Pendukung : Tari Pasambahan

Paragraf 5

Gagasan Pokok : Makanan khas suku Minang
Gagasan Pendukung : Rendang dan Sate Padang

Baca Juga Pembahasan Soal Halaman Selanjutnya:

Tulis kesimpulanmu tentang perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung!

Ceritakan kembali kepada temanmu tentang Suku Minang!

Indonesia terdiri atas keragaman suku, budaya, agama, dan sosial. Keragaman tersebut merupakan identitas bangsa Indonesia. Sebagai warga negara yang baik kita harus menjaga persatuan dan kesatuan dalam perbedaan dan keberagaman tersebut.

Buatlah rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolahmu!

Jawaban soal diatas, buka DISINI.

Nah itulah kunci jawaban ide pokok dan kalimat pengembang Teks Suku Minang. Semoga pembahasan diatas bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar! Jawaban lengkap, buka disini: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 66 67 68 69 70 71 72 73 74 Pembelajaran 6 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :