Gedung FKIP UNS Terbakar: 15 Menit usai Rapat, Dipicu Korsleting

  • Whatsapp


Gedung FKIP UNS Terbakar: 15 Menit usai Rapat, Dipicu Korsleting

Aktivitas di Gedung A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (FKIP UNS) kemarin pagi tiba-tiba terhenti. Asap disertai kobaran api dari ruang sidang 1 lantai 1. Sontak, para dosen dan karyawan panik dan berlari keluar ruangan.

“Dari keterangan pihak kampus, pukul 07.00, ruangan sempat digunakan untuk rapat secara daring. Kemudian sekitar pukul 07.30 rapat selesai, dan pukul 08.00 terjadi kebakaran. Kejadian ini kali pertama diketahui oleh dekan,” kata Kapolsek Jebres Kompol Suhermono, Kamis (7/7).

Read More

Suharmono mengatakan, butuh waktu 30 menit untuk memadamkan api dengan mengerahkan tujuh armada damkar. Diduga kejadian ini karena dipicu korsleting listrik. Lalu merembet ke karpet dan merambah ke furniture di ruangan itu.

“Tadi pukul 07.00 ada rapat briefing, terus selesai pukul 07.45. Kemudian kembali ke ruang masing-masing. Terus saya lihat ke arah ruangan ada asap, saya teriak lalu semua keluar dari ruangan,” papar Mariyana

Rektor UNS Jamal Wiwoho mengatakan, untuk sementara belum diketahui berapa total kerugian. Api membakar fasilitas di dalam gedung tersebut. Seperti kursi, meja, AC, plafon, dan karpet. Kebakaran ini berimbas ditundanya ujian pendidikan profesi guru (PPG) sesi 1. Total, ada sebanyak 400 peserta dan 57 pengawas yang melaksanakan ujian selama daring.

Jamal mengatakan, sudah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) terkait penundaan ujian PPG atas musibah ini.

“Sesi 1 itu ditunda, dan sesi 2 tetap dilaksanakan. Kami juga sudah berkoordinasi dengan dirjen GTK untuk menunda sementara,” bebernya.

Jamal menambahkan, akan memindahkan ruang pengawas pelaksanaan ujian PPG dari sebelumnya menggunakan Gedung A FKIP UNS ke ruang TIK.

 

Related posts