Gegara Video Tanpa Hijab, Aktris Hengameh Ghaziani Ditangkap Oleh Pemerintah Iran

Pemerintah Iran telah menangkap seorang aktris terkemuka, Hengameh Ghaziani, yang melepas jilbab dalam sebuah video. Hengameh Ghaziani diketahui sering mengkritik pemerintah Iran terkait tindakan represifnya terhadap demonstran.

Dilansir dari AFP, Minggu (20/11/2022), video tersebut tampaknya diambil di sebuah jalan perbelanjaan. Ghaziani tanpa hijab menghadap kamera dan berbicara kemudian berbalik, dan mengikat rambutnya menjadi kuncir kuda.

Dalam sebuah posting minggu lalu, ia menuduh pemerintah Iran “pembunuh anak” “membunuh” lebih dari 50 anak.

Bintang film berusia 52 tahun itu telah mengindikasikan bahwa dia telah dipanggil oleh pengadilan. Kemudian memposting video di Instagram tentang dia melepas jilbab wajib.

“Mungkin ini akan menjadi postingan terakhir saya,” tulisnya Sabtu malam.

“Mulai sekarang, apa pun yang terjadi pada saya, ketahuilah bahwa seperti biasa, saya bersama rakyat Iran sampai nafas terakhir saya.”

Menurut situs berita peradilan Mizan Online, Ghaziani termasuk di antara delapan orang yang dipanggil ke jaksa karena materi “provokatif” yang diposting di media sosial.

Kepemimpinan ulama Iran telah terguncang oleh lebih dari dua bulan demonstrasi yang dipimpin perempuan yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini dalam tahanan. Amini, seorang wanita berusia 22 tahun asal Kurdi, meninggal setelah ditangkap oleh polisi moral di Teheran.

Ikuti berita Ramal.id hari ini, terbaru dan terkini. Anda bisa bergabung mengikuti Ramal.id di Google News pada tautan ini.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :