Green Era Milik Prajogo Pangestu Akuisisi Star Energy Rp6,29 Triliun

JAKARTA – Green Era Pte Ltd yang dikuasai taipan Prajogo Pangestu membeli 33,33% saham Star Energy Group Holding Pte Ltd dari BCPG Thailand dengan nilai akuisisi US$440 juta atau setara Rp6,29 triliun (dengan asumsi kurs Rp14.300). Sebelumnya, PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) yang juga dimiliki oleh Prajogo Pangestu juga memiliki 66,67 persen saham Star Energy. Alhasil, akuisisi terakhir oleh Green Era membuat Grup Barito menguasai seluruh saham Star Energy. Green Era melakukan akuisisi dengan pembayaran tunai sebesar US$440 juta, mengakuisisi 250.801 saham, mewakili 33,33 persen dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh di Star Energy.

Managing Director Green Era Nancy Pangestu mengatakan, “Akuisisi ini merupakan tonggak utama untuk secara efektif meluncurkan rencana pertumbuhan dan investasi Green Era di masa depan.

“Kami mengakuisisi aset panas bumi yang solid, dengan rekam jejak yang terbukti dan teknologi terbarukan, untuk mencapai pertumbuhan yang bersih, berkelanjutan, dan menguntungkan,” jelasnya dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (10/3/2022). untuk menjalankan transaksi ini dengan sukses. Di bawah kepemimpinan Star Energy, perusahaan memiliki tim profesional yang solid dengan rekam jejak kesuksesan yang luar biasa.

“Kami senang menjadi bagian dari kisah pertumbuhan mereka, dan memainkan peran kunci dalam persamaan pengurangan karbon,” tambahnya.

Akuisisi ini adalah yang pertama dalam strategi M&A Energi Hijau yang dirancang untuk mempercepat pertumbuhan energi terbarukan di seluruh Asia Tenggara, untuk mendukung transisi global ke nol emisi bersih. Era Hijau yang berbasis di Singapura berkomitmen untuk berinvestasi dalam aset dan teknologi energi terbarukan. Melalui keterlibatan pemangku kepentingan yang mendalam, kolaborasi mitra yang berorientasi pada misi, dan perspektif strategis jangka panjang, Era Hijau berfokus pada proyek-proyek yang berkontribusi pada transisi energi di Asia Tenggara yang memiliki populasi besar, muda, dan perkotaan, di beberapa negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat. Di dalam dunia.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :