Hak dan Kewajiban Terhadap Ketersediaan Air Bersih Tema 9 Kelas 4

Hak dan Kewajiban Terhadap Ketersediaan Air Bersih Tema 9 Kelas 4 – Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang Hak dan Kewajiban Terhadap Ketersediaan Air Bersih Tema 9 Kelas 4. Dengan adanya pembelajaran ini, besar kemauan Ramal.id bahwa kalian dapat menggunakan artikel ini sebagai sebuah pertanda untuk belajar. Nah seketika saja untuk sahabat sahabat kelas 4 SD seketika kita belajar bersama dibawah ini :

Hak dan kewajiban terhadap ketersediaan air bersih, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 116 tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2016.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Apakah yang Dimaksud Air Bersih. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Hak dan kewajiban terhadap ketersediaan air bersih tema 9 kelas 4

Hari Air Sedunia
Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya hari air sedunia ini, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah. Kebutuhan air per hari per orang dapat digambarkan dalam piramida hirarki kebutuhan air berikut.

Persediaan air bersih semakin berkurang karena cadangan air tanah berkurang. Cadangan air tanah berkurang karena air hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke sungai, dan terus ke laut. Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan ditebangi. Lahan-lahan hijau berubah menjadi perumahan, perkantoran, dan kawasan industri.

Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering di musim kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan dan tidak bisa panen.

Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih. Tindakan-tindakan yang dimaksud sebagai berikut.

1. Menghemat penggunaan air.
2. Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
3. Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.

Ayo Berlatih

Memanfaatkan air merupakan hak setiap warga masyarakat, namun melestarikan ketersediaan air bersih juga menjadi kewajiban setiap warga masyarakat. Sekarang identifikasilah hak dan kewajiban setiap warga masyarakat terhadap air bersih yang merupakan salah satu sumber daya alam.

Jawaban :

Kewajiban terhadap ketersediaan air Hak terhadap ketersediaan air
  1. Mematikan air saat tidak dipakai
  2. Menggunakan air seperlunya.
  3. Tidak mencemari air dengan sampah dan bahan-bahan berbahaya
  4. Merawat lingkungan yang menjadi tempat ketersediaan air.
  5. Membayar tagihan penggunaan air jika menggunakan layanan penyedia air bersih
  1. Terpenuhinya kebutuhan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.
  2. Mendapatkan air bersih dengan harga terjangkau.
  3. Mendapatkan air bersih yang bebas dari pencemaran air.
  4. Mendapatkan air bersih dari penyedia layanan air bersih.
  5. Mendapatkan air bersih meski tidak mampu membayar.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 116 tentang Hak dan Kewajiban Terhadap Ketersediaan Air Bersih. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian, Terimakasih selamat belajar! Lihat soal lainnya secara lengkap: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 120 121 124 125 126 127 128 Pembelajaran 3 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :