Harga Emas Dunia Melemah Di Tengah Penguatan Dolar AS

JAKARTA, Ramal.id – Harga emas dunia meredup pada akhir perdagangan Jumat di Amerika Serikat (Sabtu pagi), setelah sempat menguat dalam beberapa hari terakhir. Penurunan ini merupakan dampak dari penguatan dolar AS dan rilis data ketenagakerjaan AS yang lebih baik dari perkiraan.

Mengutip CNBC, Sabtu (4/6/2022), harga emas di pasar spot menyusut 1 persen ke level 1.848,67 dolar AS per troy ounce. Sedangkan harga emas berjangka Comex New York Exchange turun 1,1 persen ke level 1.850,2 dollar AS per troy ounce.

Baca juga: Detail Harga Emas Hari Ini di Pegadaian, Dari 0,5 Gram Hingga 1 Kg

Indeks dolar AS naik tipis 0,3 persen, sementara hasil pada Treasury AS 10-tahun naik mendekati level tertinggi dalam dua minggu.

Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan bahwa data nonfarm payrolls AS meningkat 390.000 di bulan Mei, lebih tinggi dari perkiraan Dow Jones sebesar 328.000. Sementara tingkat pengangguran tidak berubah di 3,6 persen.

“Jika Federal Reserve melihat ekonomi terus stabil dalam menghadapi kenaikan suku bunga, mereka mungkin merasa lebih berani untuk menaikkan suku bunga lebih cepat,” kata David Meger, direktur perdagangan logam di High Ridge Futures.

Baca juga: Rebutan BUMN Tolak Jadi Sponsor Formula E

Emas memang dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan gejolak ekonomi, tetapi emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, karena meningkatkan kerugian memegang emas batangan yang tidak memberikan hasil.

Kenaikan suku bunga yang juga berdampak pada penguatan nilai dolar AS dapat menurunkan minat investor terhadap emas. Sebab, penguatan dolar AS akan membuat harga emas semakin mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Pada hari Jumat, Presiden Federal Reserve Bank Cleveland Loretta Mester mengatakan dia mencari bukti “menarik” bahwa inflasi telah memuncak, dan jika tidak, maka pertemuan Fed September 2022 berpotensi menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin.

Baca Juga : Promo Indomaret Weekend, Ada Diskon Produk Makanan dan Minuman

Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari Ramal.id. Ayo gabung di grup Telegram “Ramal.id News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu gabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :