Harga Emas Dunia Naik Akibat Pelemahan Dolar AS

JAKARTA, Ramal.id – Harga emas dunia naik lebih dari 1 persen pada perdagangan Kamis di Amerika Serikat (Jumat pagi) dilatarbelakangi pelemahan dolar AS dan data yang menunjukkan kenaikan payroll sektor swasta AS sepanjang Mei, di bawah ekspektasi. .

Mengutip CNBC, Jumat (3/6/2022), harga emas di pasar spot naik 1,31 persen menjadi di level 1.869,69 dolar AS per troy ounce. Sedangkan harga emas berjangka Comex New York Exchange naik tipis 1,35 persen ke level 1.873,6 dollar AS per troy ounce.

Indeks dolar AS turun 0,7 persen, tergelincir dari level tertinggi satu minggu yang disentuh pada sesi perdagangan Rabu.

Baca juga: Detail Harga Emas Hari Ini di Pegadaian, Dari 0,5 Gram Hingga 1 Kg

Di sisi lain, Data Laporan Ketenagakerjaan Nasional ADP melaporkan gaji swasta naik 128.000 pekerjaan bulan lalu, tetapi kurang dari peningkatan 300.000 pekerjaan.

“(Data pekerjaan) benar-benar meningkatkan kekhawatiran resesi yang telah muncul di pasar dan mendukung emas,” kata Ryan McKay, ahli strategi komoditas di TD Securities.

“Beberapa investor dan pedagang mulai mempertanyakan apakah Federal Reserve akan benar-benar bersedia menjadi hawkish seperti yang diantisipasi,” lanjutnya.

Sementara itu, investor juga menunggu data non-farm payrolls AS dan data inflasi Mei 2022 untuk petunjuk ekonomi dan prospek jalur pengetatan kebijakan Federal Reserve.

Wakil Ketua Fed Lael Brainard pada hari Kamis mengatakan dia mendukung setidaknya kenaikan suku bunga 50 basis poin, dengan kenaikan yang lebih cepat jika inflasi gagal dimoderasi.

Emas sebagai tempat berlindung yang aman memang dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan gejolak ekonomi, tetapi emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, karena meningkatkan kerugian memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Baca juga: Kekhawatiran Inflasi Bikin Harga Emas Dunia Naik

Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari Ramal.id. Ayo gabung di grup Telegram “Ramal.id News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu gabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :