Harga Emas Dunia Terus Naik Di Tengah Pelemahan Dolar AS

JAKARTA, Ramal.id – Harga emas dunia naik pada akhir perdagangan Selasa di Amerika Serikat (Rabu pagi waktu Indonesia), akibat berlanjutnya pelemahan dolar AS dan turunnya imbal hasil obligasi pemerintah AS atau US Treasuries. Pelemahan keduanya membuat emas semakin diminati investor.

Mengutip CNBC, Rabu (25/5/2022), harga emas di pasar spot naik 0,7 persen menjadi di level 1.866,39 dolar AS per troy ounce.

Sementara itu, harga emas berjangka Comex New York Exchange naik hampir 1 persen menjadi 1.865,3 dolar AS per troy ounce, yang juga merupakan level tertinggi sejak 9 Mei ketika diperdagangkan 1.885,6 dolar AS per troy ounce.

Dolar AS, yang merupakan pesaing emas, terus melemah, meninggalkan level tertinggi dalam 20 tahun. Imbal hasil pada benchmark Treasury AS 10-tahun juga telah jatuh, didorong oleh pelonggaran agresif oleh Federal Reserve AS yang telah diperhitungkan.

Baca juga: IHSG Fluktuatif di Awal Perdagangan, Rupiah Menguat

Melemahnya dolar AS juga membuat harga emas lebih murah bagi pemegang mata uang lain, sehingga emas menjadi lebih menarik.

“Dolar AS yang lebih lemah telah membantu emas menembus kembali di atas rata-rata 200 hari (MA 200), dan kami tidak percaya greenback belum mencapai titik terendah,” kata analis pasar senior City Index Matt Simpson.

Presiden Federal Reserve Kansas City Esther George mengatakan dia mengharapkan bank sentral AS untuk menaikkan suku bunga sesuai target menjadi sekitar 2 persen pada Agustus. Sementara tindakan lebih lanjut tergantung pada penawaran dan permintaan yang mempengaruhi inflasi.

Emas memang dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan gejolak ekonomi, tetapi emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, karena meningkatkan kerugian memegang emas batangan yang tidak memberikan hasil.

Baca juga: Detail Harga Emas Hari Ini di Pegadaian, Dari 0,5 Gram Hingga 1 Kg

Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari Ramal.id. Ayo gabung di grup Telegram “Ramal.id News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu gabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :