Hari Kartini Libur Kah? Cek Dulu Jelang 21 April

Jakarta – Hari Kartini libur kah? Masih ada yang bertanya-tanya apakah Hari Kartini adalah tanggal merah atau tidak pada 21 April.
Peringatan Hari Kartini merupakan momen untuk mengenang dan menghormati perjuangan R.A. Kartini yang berjasa bagi perempuan di Indonesia.

Lalu, apakah Hari Kartini itu hari libur atau tidak? Simak ulasan berikut ini.

Hari Kartini Libur? Ini penjelasannya
Soal apakah Hari Kartini hari libur atau tidak bisa merujuk pada daftar hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2022. Dikutip dari situs Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Hari Kartini pada dasarnya tidak pernah dicantumkan dalam daftar hari libur nasional.

Dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yaitu Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia nomor 963 Tahun 2022, nomor 3 Tahun 2021, dan nomor 4 Tahun 2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022, Hari Kartini juga tidak masuk dalam daftar hari libur nasional.

Hari Kartini hanya ditetapkan sebagai hari nasional berdasarkan Keputusan Presiden no. 108 Tahun 1964 untuk memperingati jasa RA Kartini sebagai pahlawan nasional dalam mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Melalui Keppres tersebut, Hari Kartini hanya ditetapkan sebagai hari nasional, bukan sebagai hari libur nasional.

Pertanyaan tentang ‘Hari Kartini adalah hari libur’ telah terjawab. Simak informasi tentang biografi dan makna di balik peringatan tersebut.

Mengenang jasa RA Kartini
Meski Hari Kartini bukan hari merah, namun kita tetap perlu mengingat bahwa hari jadi yang jatuh pada 21 April ditetapkan untuk memperingati jasa Raden Ajeng Kartini, yang bertepatan dengan hari lahir Kartini.

RA Kartini dikenal sebagai salah satu pahlawan yang memperjuangkan hak-hak emansipasi perempuan pribumi yang tidak mendapatkan kesetaraan dengan laki-laki di segala bidang, terutama di bidang pendidikan.

Hari Kartini sendiri tidak dirayakan hanya secara simbolis dengan mengenang jasa-jasa Kartini pada masanya bagi kaum wanita. Tetapi juga dengan mengimplementasikan nilai-nilai Hari Kartini dalam kehidupan sehari-hari, seperti mendorong kesetaraan perempuan secara sosial atau dalam berbagai bidang.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :