Iklan Layanan Masyarakat Keragaman Sebagai Modal Pembangunan Bangsa Halaman 103 – SD Kelas 5

Iklan Layanan Masyarakat Keragaman Sebagai Modal Pembangunan Bangsa Halaman 103 – Pada kesempatan ini kami akan membahas seputar Iklan Layanan Masyarakat Keragaman Sebagai Modal Pembangunan Bangsa Halaman 103. Dengan adanya pelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian bisa menggunakan tulisan ini sebagai sebuah pertanda untuk belajar. Nah langsung saja untuk sahabat sahabat kelas 5 SD segera kita belajar bersama dibawah ini :

Iklan layanan masyarakat keragaman sebagai modal pembangunan bangsa judul iklan tokoh iklan naskah, pembahasan kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 100 101 102 103 104 tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Contoh-contoh Keragaman Sosial Budaya di Daerahmu Halaman 102 di buku tematik.

Iklan Layanan Masyarakat Keragaman Sebagai Modal Pembangunan Bangsa Halaman 103

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 103-104

Pada pertemuan sebelumnya, kelompokmu sudah mulai membuat rancangan iklan layanan masyarakat tentang pentingnya keragaman sebagai modal pembangunan bangsa. Buatlah naskah untuk iklan kelompokmu dengan menentukan judul iklan beserta tokoh-tokohnya. Durasi iklan adalah 2-4 menit. Pastikan menggunakan tokoh yang berasal dari keberagaman yang dapat kamu temui dari lingkungan sekitar. Gunakan kalimat berbahasa Indonesia yang baik dan santun.

Jawaban :

Iklan Layanan Masyarakat Keragaman sebagai Modal Pembangunan Bangsa
Jumlah pemeran : Empat Orang
Judul iklan : Keragaman sebagai Modal Pembangunan Bangsa

Naskah iklan :
Adegan 1 :
Empat orang siswa sedang berada di taman sekolah saat istirahat. Mereka sedang berbincang tentang kegiatan yang akan mereka rencanakan untuk mengisi kegiatan pentas seni di sekolahnya.
Siswa 1 : “Apa rencana kalian untuk kegiatan pentas seni di sekolah Minggu depan?”
Siswa 2 : “Kalau aku sih inginnya menampilkan tarian dari Jawa Tengah. Karena aku berasal dari Semarang.”
Siswa 3 : “Yah…aku gimana dong, aku kan dari Bandung dan tidak bisa menari tari Jawa…”
Siswa 4 : “Bagaimana dong jadinya. Sulit kayaknya menampilkan tarian dari Jawa nih..”
Siswa 2 :”Jangan bingung, nanti aku yang akan mengajari kalian tarian dari Jawa. Bagaimana, setuju?”
Siswa 1 : “Aku sih setuju sekali. Bagaimana kalau latihannya nanti jam empat sore?”
Siswa 2 dan 3 :”Setuju ! (bersamaan)

Mereka berempat pun membubarkan diri dan masuk ke dalam kelas untuk mengikuti pelajaran seperti biasanya. Waktu berlalu dan sampai pada saat pulang sekolah. Mereka pulang ke rumah masing-masing.

Adegan 2
Tampak Siswa 2 sedang duduk di teras rumahnya menunggu teman-teman yang akan berlatih menari.. Beberapa saat kemudian 3 orang temanya pun datang.
Siswa 2 : “Akhirnya datang juga. Ayoo langsung masuk ke dalam!? (mereka berempat masuk ke dalam rumah)
Siswa 1 :”Wah sudah siap latihan nih, Ayoo dong ajarin saya tari Jawa !”
Siswa 2 : “Tenang saja. Yuk kita mulai, kalian ikuti gerakanku dari belakang ya!”

Mereka pun asyik latihan tari bersama-sama dengan suasana riang dan gembira.

Adegan 3
Selesai latihan mereka berempat berbincang-bincang di teras rumah.
Siswa 3 : “Ternyata mempelajari tari Jawa tidak sesulit yang aku bayangkan sebelumnya.”
Siswa 4 : Iya…aku juga. Ternyata gerakannya mudah.”
Siswa 1 : “Itulah keberagaman budaya bangsa kita. Berbeda itu indah dan berbeda itu biasa.”
Siswa 2 : “Perbedaan asal suku yang ada diantara kita bukan penghalang untuk saling mengenal budaya masing-masing.”
Siswa 1,2,3, dan 4 : (bersamaan sampil mengepalkan tangan) “Berbeda itu Indah. Yesss !!!”

Mereka pun kembali ke rumah masing-masing dengan perasaan bangga dan gembira.

Karakter tokoh:
Siswa 1 : Berasal dari Jakarta
Siswa 2 : Berasal dari Jawa Tengah
Siswa 3 : Berasal dari Bandung, Jawa Barat
Siswa 4 : Berasal dari Sumatera Selatan

Dalam pembuatan iklan di sebuah media elektronik, diperlukan alat bantu yang dinamakan storyboard. Storyboard berbentuk sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah.

Jawaban, buka disini: Buatlah Sketsa Gambar Berdasarkan Naskah atau Storyboard Halaman 104

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 3 kelas 5 SD halaman 103 sampai 104 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 4 subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :