Ini Dia Pulau Ular yang Jadi Kunci Perang Rusia-Ukraina

Jakarta, – Tidak ada yang menyangka bahwa pulau ular di Laut Hitam, sekitar 48 kilometer dari pantai Ukraina, ternyata berperan penting saat perang antara Rusia dan Ukraina yang berlangsung beberapa bulan terakhir.
Pulau Ular hanyalah sebuah pulau kecil dengan luas sekitar 0,17 kilometer persegi. Sepintas, pulau ini tidak terlalu penting. Meski Rusia tidak pernah mengklaim pulau itu sebagai miliknya, namun letak pulau ini cukup strategis.

Sejak awal perang, Rusia dikatakan telah menguasai pulau itu. Ukraina dilaporkan terus mencoba untuk merebut kembali pulau itu, meskipun sejauh ini belum berhasil. Jadi, apa pentingnya pulau itu?

Penguasaan penuh Rusia atas pulau itu dikhawatirkan menimbulkan ancaman besar bagi daratan Ukraina. Dikatakan juga bahwa Ukraina akan kesulitan mengirim ekspor pangan dari pelabuhan Odesa ke negara lain karena rutenya yang dekat dengan pulau tersebut.

Tentara Militer Ukraina yang Menjaga di Pulau 'Ular' Dilaporkan Ditangkap Oleh Rusia

Oleh karena itu, tidak heran jika Ukraina berusaha sekuat tenaga untuk merebut kembali pulau tersebut, baik dengan menggunakan pesawat tempur, drone, atau bahkan sejumlah pasukan khusus.

“Jika tentara Rusia berhasil menduduki Pulau Ular dan membangun sistem pertahanan roket jarak jauh, mereka akan menguasai laut, darat, dan udara di barat laut Ukraina Hitam dan Selatan,” kata By Zdanov, pakar militer Ukraina. /5/2022).

Selain itu, tentara Rusia juga dikatakan mampu memperkuat posisinya di Transnistria, wilayah yang memisahkan diri dari Moldova tidak jauh dari pelabuhan Odesa.

Pulau ular ini juga hanya berjarak 45 kilometer dari pelabuhan Rumania, negara anggota NATO. Jika Rusia memasang sistem rudal udara S-400, maka Rumania dikatakan dalam bahaya.

“Ini sangat penting bagi pemerintah dan warga Rumania, serta bagi seluruh aliansi (NATO). Rusia akan memiliki kapasitas untuk menghancurkan kota dan militer di timur wilayah kami,” kata Dorin Dobrinchu, sejarawan Rumania.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :