Jawaban: Apa Manfaat Kincir Angin dalam Kehidupan Sehari-Hari Tema 2 Kelas 4 Halaman 26

Jawaban: Apa Manfaat Kincir Angin dalam Kehidupan Sehari-Hari Tema 2 Kelas 4 Halaman 26 – Pada kesempatan ini kami akan membahas perihal Jawaban: Apa Manfaat Kincir Angin dalam Kehidupan Sehari-Hari Tema 2 Kelas 4 Halaman 26. Dengan adanya pembelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian dapat mengaplikasikan artikel ini sebagai sebuah tanda untuk belajar. Nah segera saja untuk sahabat sahabat kelas 4 SD lantas kita belajar bersama dibawah ini :

Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari? Pembahasan kunci jawaban tema 2 kelas 4 halaman 26, tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 1 Sumber Energi, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Apa Manfaat Kincir Angin dalam Kehidupan Sehari-Hari! Tema 2 Kelas 4 Halaman 26

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal mengenai Apa sumber energi kincir angin. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut.

Angin Sebagai Sumber Energi

Angin termasuk ke dalam sumber energi yang dapat diperbarui, artinya angin selalu tersedia dan tidak akan habis digunakan. Angin terjadi karena peran penting dari energi panas matahari. Saat suatu wilayah memiliki suhu udara yang sangat panas dan di wilayah lain bersuhu dingin, maka udara di daerah panas akan naik dan diisi oleh udara dari wilayah bersuhu dingin, pergerakan udara ini kemudian disebut sebagai angin.

Angin memiliki banyak peranan dalam kehidupan. Pada proses hujan, angin membuat awan-awan bergerak ke berbagai wilayah di atas daratan, sehingga banyak wilayah akan terhindar dari kekeringan. Angin membantu suhu udara di musim panas menjadi lebih sejuk. Angin juga sangat menyenangkan bagi anak-anak. Angin membuat anak-anak dapat bermain layangan, bermain kincir, atau bermain gelembung sabun yang beterbangan ke berbagai arah karena tiupannya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini angin juga dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik. Kita patut bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan matahari dan angin bagi kehidupan.

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan hasil percobaanmu, diskusikanlah pertanyaan berikut bersama teman kelompokmu.

1. Apa sumber energi kincir angin? Jawab: Sumber energi kincir angin adalah angin.

2. Bagaimana kincir angin bisa berputar? Jawab:Kincir angin akan berputar pada porosnya jika adanya tekanan dari angin yang dapat membuat kincir bergerak. Semakin besar tekanan angin maka kincir berputar semakin cepat.

3. Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari? Jawab: 

Berikut beberapa manfaat kincir air yang perlu diketahui :

  1. Untuk kepentingan irigasi (pengairan) persawahan.
  2. Untuk menggerakan generator (Pembangkit Listrik Tenaga Air).
  3. Untuk dijadikan sebagai obyek wisata.
  4. Untuk digunakan sebagai alat pengering laut.
  5. Untuk menggiling hasil pertanian seperti jagung, tebu, gandum, dll.

Baca Juga Pembahasan Soal Selanjutnya:

1. Tuliskan lima manfaat kincir angin dan kincir air dalam kehidupan sehari-hari?
2. Menurutmu apakah pelajaran hari ini bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan.

Jawaban soal diatas, buka disini: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 21 23 24 25 26 Pembelajaran 3 Subtema 1 Sumber Energi

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 2 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 26. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 3 Subtema 1 Sumber Energi. Terimakasih, selamat belajar!

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :