Jawaban Kembangkan Ide-Ide Pokok Berikut Menjadi Paragraf – SD Kelas 5

Jawaban Kembangkan Ide-Ide Pokok Berikut Menjadi Paragraf – Pada kesempatan ini kami akan membahas perihal Jawaban Kembangkan Ide-Ide Pokok Berikut Menjadi Paragraf. Dengan adanya pembelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian dapat menggunakan artikel ini sebagai sebuah petunjuk untuk belajar. Nah langsung saja untuk teman teman kelas 5 SD seketika kita belajar bersama dibawah ini :

Kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf, Untuk menjawab soal materi pelajaran SD kelas 5 tersebut, kamu wajib memahami apa yang namanya ide pokok, fungsinya untuk apa dan cara menentukannya bagaimana. Berikut ini penjelasannya!

Pengertian ide pokok bacaan adalah sebuah gagasan yang menjadi dasar atau pokok pengembangan sebuah paragraf. Fungsinya menjadi dasar untuk pengembangan paragraf. Cara menentukan ide pokok dengan membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu.

Kembangkan Ide-Ide Pokok Berikut Menjadi Paragraf

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah berhasil menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan “Organ Gerak Manusia dan Hewan” di atas. Sekarang, coba kamu kembangkan ide-ide pokok berikut ini menjadi sebuah paragraf!

Ide Pokok Paragraf :

  1. Organ gerak terdiri atas dua macam.
  2. Organ gerak banyak sekali fungsinya.
  3. Tanpa organ gerak, manusia tidak dapat bergerak.

Jawaban :

Berikut ini contoh paragraf berdasarkan 3 ide pokok diatas.

Paragraf 1: Organ gerak manusia dan hewan terdiri dari dua macam. Ada organ gerak pasif, yakni tulang. Ada juga organ gerak aktif, yakni otot. Tulang dan otot memiliki fungsi masing-masing dalam sistem gerak manusia dan hewan.

2. Paragraf 2: Organ gerak banyak sekali fungsinya. Dengan organ gerak, kita dapat melakukan gerakan-gerakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, berjalan, berlari, memanjat, memegang, berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.

3. Paragraf 3: Tanpa organ gerak manusia tidak akan bisa melakukan gerakan apa-apa. Manusia tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan organ gerak adalah sistem yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan gerakan-gerakan, baik gerakan-gerakan spontan karena adanya rangsangan dari luar maupun gerakan-gerakan terencana.

Itulah kunci jawaban soal tentang mengembangkan ide-ide pokok menjadi sebuah paragraf. Semoga pembahasan diatas bermanfaat dan berguna bagi kami. Selamat belajar!

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :