Jawaban Mengapa 20 Mei Berdirinya Organisasi Budi Utomo Diperingati Hari Kebangkitan Nasional – SD Kelas 5

  • Whatsapp


Mengapa tanggal 20 Mei yang merupakan tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo

Jawaban Mengapa 20 Mei Berdirinya Organisasi Budi Utomo Diperingati Hari Kebangkitan Nasional – Pada kesempatan ini kami akan membahas perihal Jawaban Mengapa 20 Mei Berdirinya Organisasi Budi Utomo Diperingati Hari Kebangkitan Nasional. Dengan adanya pelajaran ini, besar kemauan Ramal.id bahwa kalian dapat menerapkan tulisan ini sebagai sebuah pertanda untuk belajar. Nah seketika saja untuk teman sahabat kelas 5 SD seketika kita belajar bersama dibawah ini :

Mengapa tanggal 20 Mei yang merupakan tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional, pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 30 31 32 34 35 36 tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 1 Komponen Ekosistem di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Ringkasan Berdasarkan Bacaan Indonesia Sebagai Negara Maritim Dan Agraris di buku tematik.

Mengapa 20 Mei yang berdirinya organisasi Budi Utomo diperingati Hari Kebangkitan Nasional

Usaha Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Pemikiran tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa untuk mewujudkan negara yang berdaulat tidak lepas dari pengaruh berdirinya organisasi Budi Utomo. Budi Utomo berdiri pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi itu berdiri berdasarkan pemikiran seorang lulusan sekolah dokter Jawa (STOVIA) bernama dr. Wahidin Sudirohusodo.

Dokter Wahidin Sudirohusodo ingin mengubah cara berjuang rakyat Indonesia dari perjuangan fisik kepada cara perjuangan melalui pendidikan. Ide ini menarik perhatian seorang mahasiswa STOVIA bernama Sutomo yang pada akhirnya mendirikan organisasi modern pertama di Indonesa bernama Budi Utomo.

Perjuangan dr. Wahidin Soedirohoesodo dan dr. Soetomo adalah berusaha membangkitkan kesadaran masyarakat Indonesia kala itu terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa tanpa perlu mempermasalahkan perbedaan agama dan suku. Keberadaan Budi Utomo telah menumbuhkan semangat dan menandai terjadinya kebangkitan bangsa secara nasional. Sementara kebangkitan pemuda Indonesia, ditandai dengan peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 34

Pada halaman 33 sampai 34 terdapat bacaan tentang Usaha Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dengan menggunakan informasi dari bacaan di atas dan dari sumber lainnya, jawablah pertanyaan berikut ini.

1. Mengapa tanggal 20 Mei yang merupakan tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional?

Jawaban : Karena keberadaan organisasi Budi Utomo adalah langkah awal rakyat Indonesia mengalami kebangkitan nasional dan berdampak positif menumbuhkan semangat dan menandai terjadinya kebangkitan bangsa secara nasional.

2. Bagaimana peran dr. Wahidin Soedirohusodo terhadap berdirinya organisasi Budi Utomo?

3. Apa saja yang mengancam persatuan dan kesatuan NKRI pada waktu dulu dan sekarang? Jelaskan!

4. Apa saja usaha yang telah dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap keutuhan NKRI pada waktu dulu dan sekarang?

Jawaban, buka disini: Peran Dr Wahidin Soedirohusodo Terhadap Berdirinya Budi Utomo

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 5 SD halaman 34 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 4 subtema 1 Komponen Ekosistem di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat!

  • Whatsapp

Related posts