Jawaban Mengapa Air Permukaan Biasanya Lebih Kotor Dibandingkan dengan Air Tanah Jelaskan – SD Kelas 5

Jawaban Mengapa Air Permukaan Biasanya Lebih Kotor Dibandingkan dengan Air Tanah Jelaskan – Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang Jawaban Mengapa Air Permukaan Biasanya Lebih Kotor Dibandingkan dengan Air Tanah Jelaskan. Dengan adanya pelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian dapat mengaplikasikan tulisan ini sebagai sebuah pedoman untuk belajar. Nah langsung saja untuk sahabat sahabat kelas 5 SD lantas kita belajar bersama dibawah ini :

Mengapa air permukaan biasanya lebih kotor dibandingkan dengan air tanah jelaskan, pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 60 63 65 66 tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 2 Perubahan Lingkungan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Mengapa Air Permukaan Lebih Kotor Dibandingkan dengan Air Tanah

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal bagaimana perbedaan air tanah dengan air permukaan di buku tematik.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 65

Ayo Membaca

Siklus Air dan Bencana Kekeringan

Peristiwa siklus air merupakan peristiwa sehari-hari yang sering tidak disadari oleh manusia. Siklus air menghasilkan air bersih yang berguna untuk kehidupan manusia. Manusia memerlukan air bersih antara lain untuk keperluan rumah tangga, keperluan industri, dan juga pertanian.

Siklus air menghasilkan air bersih. Pada saat proses penguapan, kotoran pada air tidak ikut menguap. Uap air yang menguap adalah uap air yang bersih. Pada saat turun hujan, air yang dihasilkan pun adalah air bersih dan siap digunakan untuk berbagai keperluan.

Air hujan yang jatuh, sebagian akan diserap oleh tanah, lalu menjadi air tanah. Air tanah adalah air yang mengalir di bawah permukaan tanah. Air ini biasanya lebih jernih dan bersih, karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Untuk mendapatkan air tanah, manusia membuat sumur dengan cara menggali lubang.

Air hujan yang tidak terserap oleh tanah, akan terus mengalir menjadi air permukaan. Lalu, air itu menuju tempat yang lebih rendah seperti sungai, danau, dan laut. Air permukaan adalah air hujan yang tak dapat diserap oleh tanah tetapi diserap oleh permukaan tanah. Sehingga mengalir di atas permukaan tanah dan kemudian menguap kembali. Air ini biasanya lebih kotor, karena mengandung lumpur. Air ini juga biasanya membawa berbagai macam material dari proses erosi.

Pada musim kemarau, air hujan yang turun menjadi berkurang. Air hujan yang turun biasanya langsung diserap oleh tanah menjadi air tanah. Jika air sungai dan danau surut akan menyebabkan berkurangnya penguapan air sebagai pembentuk titik-titik air di awan. Akibat dari semakin sedikitnya awan adalah semakin berkurangnya curah hujan. Oleh karena itu, sumur-sumur penduduk pun menjadi kering. Di saat inilah biasanya terjadi kelangkaan air bersih. Jika kelangkaan air bersih terjadi dalam waktu yang panjang, bencana kekeringan akan terjadi. Mari kita biasakan menghemat penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari.

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

5. Mengapa air permukaan biasanya lebih kotor dibandingkan dengan air tanah? Jelaskan!

Jawaban : Karena mengandung lumpur dan benda-benda lain yang terbawa aliran air di permukaan tanah.

6. Apa akibat dari musim kemarau yang panjang?

Jawaban : Saat musim kemarau panjang, air permukaan dan air tanah akan menyusut. Apabila kekurangan air, maka akan menyebabkan bencana kekeringan.

Ayo Berkreasi
Berdasarkan bacaan “Siklus Air dan Bencana Kekeringan”, buatlah poster tentang dampak siklus air bagi kehidupan. Buatlah semenarik mungkin. Pada Pembelajaran 5 nanti kamu akan mempresentasikan poster yang kamu buat.

Jawaban, buka disini: Buatlah Poster Tentang Dampak Siklus Air Bagi Kehidupan

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 8 kelas 5 SD Halaman 65 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 2 Perubahan Lingkungan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :