Jawaban Nama Negara-Negara yang Berbatasan Daratannya dengan Indonesia – SD Kelas 5

  • Whatsapp


Nama Negara Negara yang Berbatasan Daratannya dengan Indonesia

Jawaban Nama Negara-Negara yang Berbatasan Daratannya dengan Indonesia – Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang Jawaban Nama Negara-Negara yang Berbatasan Daratannya dengan Indonesia. Dengan adanya pembelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian bisa mengaplikasikan tulisan ini sebagai sebuah pedoman untuk belajar. Nah seketika saja untuk teman sahabat kelas 5 SD langsung kita belajar bersama dibawah ini :

Tuliskanlah nama negara-negara yang berbatasan wilayah daratannya dengan Indonesia, pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 21 23 24 26 tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 1 Komponen Ekosistem di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Pokok Pikiran Dari Bacaan Mengenal Letak Geografis Indonesia di buku tematik.

Nama Negara-Negara yang Berbatasan Daratannya dengan Indonesia

Mengenal Letak Geografis Indonesia

Letak geografis merupakan letak suatu daerah atau negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Letak geografis sebuah daerah atau negara dibatasi oleh letak geografis daerah atau negara lain yang berbatasan.

Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Demikian juga Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia. Letak geografis Indonesia dianggap strategis karena menjadi tempat persilangan antara dua benua dan dua samudra.

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan. Terdapat lebih dari 17.000 pulau berukuran besar dan kecil berada di wilayah Indonesia. Dari sejumlah pulau tersebut, sekira 6.000 pulau tidak berpenghuni. Beberapa pulau besar di Indonesia antara lain Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Sementara itu beberapa pulau kecil yang berada di wilayah Indonesia antara lain Pulai Nias, Siberut, Bangka, Belitung, Madura, Bali, Lombok, Flores, Ambon, dan Halmahera.

Wilayah negara Indonesia membentang dari Sabang di barat hingga Merauke di sebelah timur, terdiri atas daratan dan perairan. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km2. Luas perairan Indonesia adalah 3.257.483 km2.

Kunci Jawaban Soal Tema 5 Kelas 5 SD Halaman 21

2. Perhatikan kembali gambar peta pada halaman 20.

a. Tuliskanlah nama negara-negara yang berbatasan wilayah daratannya dengan Indonesia.

Jawaban : Negara-negara yang berbatasan langsung dengan ndonesia yaitu seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia.

b. Tuliskan nama perairan yang mengelilingi wilayah negara Indonesia.

c. Berilah tanda silang (X) pada pulau-pulau besar di wilayah negara Indonesia yang disebutkan di dalam bacaan.

d. Lingkarilah pulau-pulau kecil yang ada di wilayah negara Indonesia seperti yang disebutkan di dalam bacaan.

e. Apakah yang dapat kamu simpulkan dari letak geografis Indonesia?

Jawaban, buka disini: Tuliskan Nama Perairan yang Mengelilingi Wilayah Negara Indonesia

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 5 kelas 5 SD halaman 21 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 1 Komponen Ekosistem di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat!

  • Whatsapp

Related posts