Jawaban Tokoh Protagonis dalam Cerita Kisah Putri Tangguk di Depan Jelaskan Alasanmu

Jawaban Tokoh Protagonis dalam Cerita Kisah Putri Tangguk di Depan Jelaskan Alasanmu – Pada kesempatan ini kami akan membahas seputar Jawaban Tokoh Protagonis dalam Cerita Kisah Putri Tangguk di Depan Jelaskan Alasanmu. Dengan adanya pembelajaran ini, besar kemauan Ramal.id bahwa kalian dapat menggunakan artikel ini sebagai sebuah pedoman untuk belajar. Nah lantas saja untuk teman sahabat kelas 4 SD langsung kita belajar bersama dibawah ini :

Siapa tokoh protagonis dalam cerita Kisah Putri Tangguk di depan Jelaskan alasanmu, pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 47, tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita tersebut. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Tokoh Protagonis dalam Cerita Kisah Putri Tangguk di Depan

Ayo Membaca
Kisah Putri Tangguk

Putri Tangguk tinggal bersama suami dan ketujuh anaknya di daerah Jambi. Putri Tangguk memiliki sepetak sawah yang ditanami padi. Anehnya, setiap selesai panen, padinya selalu muncul dan siap untuk dipanen kembali. Bahkan, ketujuh lumbung Putri Tangguk hampir penuh untuk menampung hasil panennya.

Saat panen terakhir, Putri Tangguk mengajak suami dan semua anaknya ke sawah. Mereka memasukkan hasil panen ke gerobak.

”Panen sudah selesai. Sepertinya, persediaan padi kita sudah cukup untuk beberapa bulan,” kata Putri Tangguk.

Kemudian, mereka mendorong gerobak bersama-sama. Di tengah perjalanan, Putri Tangguk jatuh terpeleset.

”Aduuuuh…,” teriak Putri Tangguk. ”Hati-hati, Bu. Semalam hujan deras. Jalannya menjadi licin,” kata suami Putri Tangguk sambil membantunya berdiri.

”Gara-gara hujan, jalannya licin. Perjalanan ke rumah masih jauh, bisa-bisa aku terjatuh lagi,” gerutu Putri Tangguk. Putri Tangguk mengambil padi dari gerobaknya. Kemudian, padi ditebar di jalan. Melihat perilaku ibunya, si anak sulung pun bertanya.

”Apa yang Ibu lakukan? Mengapa Ibu membuang padi itu ke jalan?” ”Ibu tidak membuang padi. Padi ini Ibu gunakan sebagai pengganti pasir Ibu menebarnya agar jalan ini tidak licin lagi,” jawab Putri Tangguk. (Baca secara lengkap di buku tematik)

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita berjudul Kisah Putri Tangguk tersebut.

4. Siapa tokoh protagonis dalam cerita di depan? Jelaskan alasanmu.

Jawab: Tokoh protagonis dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk adalah Suami Putri Tangguk dan Si Bungsu. Alasanya, tokoh tersebut bersifat baik. Mereka mau mengingatkan Putri Tangguk untuk tidak membuang-buang padi.

5. Siapa tokoh antagonis dalam cerita di depan? Jelaskan alasanmu.

Jawaban, buka disini: Tokoh Antagonis dalam Cerita Kisah Putri Tangguk di Depan Jelaskan Alasanmu

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 47. Tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :