Hati Hati 5 Jenis Penipuan Online Saat Ini

Ramal.id – Jenis Penipuan Online – Saat sekarang ini apalagi dengan adanya wabah COVID 19 membuat semua hal berubah. Ketergantungan kita terhadap platform digital menjadi sebuah boomerang dimana muncul aksi kejahatan dengan berbagai modus. Pada Jumat (18/9/2020) di Universitas Gadjah Mada (UGM), Peneliti Center for Digital Society (CfDS) Tony Seno Hartono memaparkan beberapa hal dan juga tips agar teknologi yang digunakan sekarang ini dapat di eksploitasi.

Dia memberikan pemaparan setidaknya terdapat 5 Jenis Penipuan Online hal yang harus di perhatikan dan di waspadai tentang penipuan online sebagai berikut :

Phising

Phising merupakan kejahatan yang berhubungan dengan layanan streaming perbankan ataupun ecommerce. Biasanya penipuan dengan cara phising berkedok perbankan dan pembobolan data serta penipuan layanan streaming. Bahkan menurut Data dari Kaspersky di Indonesia pada kuartal pertama 2020 terdapat hampir 200.000 serangan phising ke UKM UKM di indonesia. Waspada terhadap pihak pihak yang mengaku dari bank ataupun dari layanan streaming yang memberikan bonus ataupun hal hal yang menggoda.

Phone Scams

Phone Scams mungkin sudah banyak kasus yang kamu dengar. Aksi ini mengincar layanan perbankan. Penipu mencari celah dengan mengatas namakan bank dan meminta OTP ataupun data pribadi untuk dijadikan bahan untuk scam kartu kredit misalnya.

SMShing

SMShing merupakan yang paling banyak dan paling sering ditemukan saat ini. Penipuan ini berupa SMS yang memberikan kabar bahwa anda menang undian ataupun mendapatkan bonus. Mungkin setiap hari ada saja korban yang terkena SMShing ini. Waspada terhadap SMShing ini.

Impersonation

Impersonation merupakn kejahatan dimana penipu mengatasnamakan dirinya sebagai badan usaha ataupun BUMN untuk menguras dana anda. Misalnya mereka memberikan iming iming kuota internet gratis ataupun penemang lelang online.

Pretexting

Penipuan Pretexting hampir sama dengan Impersonation dimana penipu mengatasnamakan e-commerce ataupun artis ataupun platform saham bahwa anda sebagai pemenang give away.

 

penipuan online
Jenis Penipuan Online foto:google.com

Tips Agar Tidak Terkena Penipuan Online

Berikut Beberapa Tips agar kita terhindar dari Penipuan online  menurut Tony Seno Hartono :

  1. Jangan memberikan Password / kode sandi account kamu kepada orang lain dan juga hindari sandi yang mudah di tebaik
  2. Kalian dapat menggunakan pengamanan berlapis dalam sebuah sistem keamanan. Misalnya menggunakan kode ataupun menggunakan layanan 2nd
  3. Perbarui informasi tentang penipuan dan keamanan digital
  4. Waspada terhadap email Phising dan tidak sembarang membuka link email
  5. Cek dulu informasi baru yang kamu ketahui tentang penipuan ataupun keamanan digital.