News

Kakao Ent Dituduh Sebagai Dalang Dibalik Rumor Negatif Dan Kontroversi Group Seperti aespa, NewJeans, LE SSERAFIM, ITZY, Dan NMIXX

168
×

Kakao Ent Dituduh Sebagai Dalang Dibalik Rumor Negatif Dan Kontroversi Group Seperti aespa, NewJeans, LE SSERAFIM, ITZY, Dan NMIXX

Share this article
Kakao Ent Dituduh Sebagai Dalang Dibalik Rumor Negatif Dan Kontroversi Group Seperti aespa, NewJeans, LE SSERAFIM, ITZY, Dan NMIXX

Kakao Entertainment, yang merupakan pemegang saham terbesar Starship Entertainment (memiliki 59,73% saham), dituduh menyebarkan informasi negatif tentang grup idola yang bersaing.

Bulan lalu, terungkap bahwa halaman Facebook populer ‘Idol Issue’, halaman yang dikenal untuk memposting berbagai konten yang terkait dengan hiburan Korea termasuk berita umum, serta rumor, kontroversi, dll, dimiliki oleh Kakao Entertainment.

Menyusul pengungkapan tersebut, banyak netizen mengangkat isu atas kecurigaan bahwa Kakao dapat menggunakan halaman Facebook ini untuk tujuan “pemasaran viral” untuk menguntungkan artis yang berafiliasi dengan perusahaan dan memfitnah grup idola yang bersaing. Kakao diketahui berafiliasi dengan agensi hiburan berikut: IST Entertainment, Starship Entertainment, EDAM Entertainment, Flex M, High UP Entertainment, dan Antenna.

Misalnya, postingan berjudul seperti “Pilihan gaya baru LE SSERAFIM menarik reaksi yang bertentangan”, dan “Pakaian panggung baru untuk ITZY menarik reaksi beragam”, diposting di halaman tersebut, sehingga seolah-olah grup tersebut menghadapi beberapa bentuk kontroversi. NewJeans dan NMIXX juga disebutkan dalam konten yang tampaknya menghasilkan citra negatif terkait dengan grup tersebut. Namun, konten yang menguntungkan sebagian besar diterbitkan untuk idola di bawah Starship Entertainment dan IST Entertainment.

Menurut laporan tersebut, Kakao Entertainment membeli halaman ‘Idol Issue’ 2-3 tahun yang lalu dan tim pemasaran musik di bawah Kakao Entertainment telah mengelola halaman tersebut sejak saat itu. Seorang reporter berkomentar, “Sekarang terungkap bahwa sebuah perusahaan hiburan memiliki halaman viral seperti itu, postingan viral negatif pasti bermasalah.” Salah satu kritik berkomentar, “Kampanye negatif menggunakan pemasaran viral telah menjadi masalah di industri ini. Grup idola, terutama yang rentan terhadap citra dan rumor publik, dapat lebih terpengaruh oleh taktik semacam itu.”

Namun Kakao Entertainment berkomentar bahwa mereka tidak bermaksud menyebarkan informasi negatif karena perusahaan pihak ketigalah yang sebenarnya memposting dan mengelola halaman tersebut.