Kalimat Utama Bacaan Pemanfaatan Alam Oleh Manusia

Kalimat Utama Bacaan Pemanfaatan Alam Oleh Manusia – Pada kesempatan ini kami akan membahas seputar Kalimat Utama Bacaan Pemanfaatan Alam Oleh Manusia. Dengan adanya pembelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian bisa mengaplikasikan artikel ini sebagai sebuah pedoman untuk belajar. Nah segera saja untuk sahabat sahabat kelas 4 SD seketika kita belajar bersama dibawah ini :

Kalimat utama dan ide pokok bacaan Pemanfaatan Alam oleh Manusia, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 100 101 103 104 107 108 109 110 111 112 tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2016.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Perilaku dan Kegiatan Manusia Bisa Berdampak Positif Maupun Negatif Terhadap Lingkungan. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Kalimat utama dan ide pokok bacaan Pemanfaatan Alam oleh Manusia tema 9 kelas 4

Ayo Membaca
Pemanfaatan Alam oleh Manusia

Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan. Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam, baik abiotik (tak hidup) maupun biotik (hidup), secara berlebihan tanpa memikirkan akibatnya. Sekali manusia melakukannya dengan sembarangan, kerusakan lingkungan yang terjadi akan menyebabkan kerusakan lingkungan berikutnya.

Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik yaitu tanah dengan melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan. Batu bara, adalah salah satunya. Selain itu, berbagai jenis bahan logam mulia bernilai tinggi pun ditambang. Emas dan perak merupakan salah satu bahan tambang logam mulia yang paling banyak dicari karena nilainya tinggi. Bahan tambang lain yang diambil dari bagian dalam lapisan bumi adalah nikel, timah, dan bauksit.

Tidak hanya lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia. Hampir semua jenis tumbuhan dan hewan juga dimanfaatkan oleh manusia. Ada dua jenis hewan yaitu hewan peliharaan dan hewan liar yang hidup bebas di hutan. Manusia membudidayakan beberapa jenis hewan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti ayam, sapi, beberapa jenis ikan, dan lainnya. Hewan-hewan yang tidak dibudidayakan, dan hidup bebas di hutan seringkali diburu manusia. Ada yang diburu untuk diambil kulitnya, bulunya, atau bagian tubuh lainnya seperti cula badak dan gading gajah. Perburuan manusia yang tidak terkendali menyebabkan menurunnya populasi hewan tersebut secara drastis. Apabila hal tersebut dibiarkan, hewan tersebut akan mengalami kepunahan.

Demikian halnya dengan beberapa jenis tumbuhan. Beberapa jenis tumbuhan yang menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah tangga, ditanam dan dibudidayakan. Beberapa tumbuhan mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi, misalnya pohon jati dan pohon cendana. Tekstur kayu yang bagus dan kokoh pada kayu pohon jati sangat disukai para pembuat mebel. Kayu cendana mempunyai aroma yang khas dan diburu banyak orang untuk pembuatan minyak wangi, hiasan, kipas tangan, dan pigura.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 104

Ayo Mencoba

Menentukan kalimat utama dari setiap paragraf Bacalah kembali bacaan tersebut. Bersama teman sebangkumu carilah kalimat utama dan ide pokok dari setiap paragraf di depan. Tuliskan kalimat utama dan ide pokok paragraf tersebut dalam tabel berikut.

Jawaban :

Paragraf Ide Pokok Kalimat Utama
Paragraf 1 Pengaruh kegiatan manusia terhadap lingkungan Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan,
Paragraf 2 Pemanfaatan tanah oleh manusia Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik yaitu tanah dengan melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan,
Paragraf 3 Pemanfaatan hewan dan tumbuhan oleh manusia Hampir semua jenis tumbuhan dan hewan juga dimanfaatkan oleh manusia,
Paragraf 4 Pemanfaatan tumbuhan oleh manusia Beberapa jenis tumbuhan yang menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah tangga, ditanam dan dibudidayakan,

Ayo Berlatih

Kamu telah membaca bacaan “Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem”. Temukan informasi-informasi penting pada bacaan tersebut. Selanjutnya, lakukan latihan berikut. Lengkapilah peta pikiran berikut.

Jawaban, buka disini: Informasi-informasi Penting Bacaan Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan Oleh Manusia Terhadap Keseimbangan Ekosistem

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 104 tentang Kalimat utama bacaan Pemanfaatan Alam oleh Manusia. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian, Terimakasih selamat belajar! Lihat soal lainnya secara lengkap: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 100 101 103 104 107 108 109 110 111 112 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Pembelajaran 1

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :