Kapan Nuzulul Quran 2022? Ini Amalan yang Bisa Dilakukan

Nuzulul Quran merupakan peristiwa penting dalam sejarah Islam. Ini adalah saat ketika Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad untuk pertama kalinya. Dilansir dari NU Online, Nuzulul Quran biasanya jatuh pada tanggal 17 Ramadhan. Jika ditarik dalam kalender Masehi tahun ini, maka Nuzulul Quran akan jatuh pada Selasa (19/4/2022) besok. Lalu, amalan apa saja yang bisa dilakukan pada peringatan Nuzulul Quran ini? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Membaca Alquran

Dikutip dari Kementerian Agama Kanwil Maluku Utara, umat Islam disarankan untuk membaca Al-Qur’an untuk mendapatkan keutamaan Nuzulul Quran – yang meliputi menerima berkah dari Allah SWT, pengampunan segala dosa, dan mendapatkan pahala yang berlipat.

2. Sholat Magrib

Amalan lain yang bisa dilakukan pada saat Nuzulul Quran adalah shalat malam. Anjuran shalat malam Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar tertuang dalam hadits riwayat Bukhari.

“Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, ‘Barang siapa yang shalat malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu,’” (HR.

3. Dzikir dan doa

Selain sholat sunnah, umat Islam juga dianjurkan untuk sholat dan sholat. Dengan berdoa, seseorang akan masuk ke dalam golongan orang-orang yang diberkahi.

4. Itikaf

Umat ​​Islam juga dianjurkan untuk melakukan Itikaf. Menurut istilah, Itikaf sendiri adalah berdiam di masjid dengan niat beribadah kepada Allah SWT. Biasanya kegiatan ini dilakukan dengan membaca Al-Qur’an

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :