Kapan THR PNS Cair? Ini Jadwal dan Besarannya

Jakarta, – Pemerintah memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) diberikan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun ini. Jumlah tersebut bahkan lebih besar dari pada tahun 2020 dan 2021.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, seperti tahun sebelumnya, pencairan THR dimulai pada H-10 sejak Idul Fitri.

Menurut dia, pemberian THR dan Gaji ke-13 ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas sumbangsih ASN dan pensiunan yang telah menangani pandemi Covid-19 selama dua tahun melalui berbagai pengabdian kepada masyarakat dan upaya pemulihan perekonomian nasional.

“Kebijakan ini diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional dengan meningkatkan daya beli masyarakat,” kata Sri Mulyani, dikutip Senin (18/4/2022).

Untuk tahun ini, jumlah THR yang akan diterima PNS akan lebih besar dibandingkan tahun 2020 dan 2021. Sebab, dalam dua tahun terakhir, THR dipotong dengan tidak memasukkan tunjangan kinerja dalam perhitungan.

Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang mengharuskan pemerintah melakukan realokasi anggaran untuk membantu masyarakat yang paling terdampak.

Tahun ini, THR akan diberikan dengan memasukkan perhitungan Tukin meski nilainya belum maksimal atau hanya 50%.

“Untuk tahun ini kami akan menambah 50% tunjangan kinerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja, sehingga akan lebih besar dari tahun 2021,” jelasnya.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :